Mau Turunkan Berat Badan?, Inilah 8 Olahraga Yang Bisa Membantu

LIFESTYLE, OLAHRAGA257 Dilihat

JAKARTA, INFODESANEWS | Olahraga adalah salah satu strategi untuk menurunkan berat badan selain diet.

Sebab, olahraga dapat membakar kalori yang ada pada tubuh.

Mengutip Healthlineberikut adalah 8 olahraga yang dapat membantu menurunkan berat badan:

1. Jalan Kaki

Jalan kaki adalah cara yang nyaman dan mudah bagi pemula untuk mulai berolahraga tanpa merasa kewalahan.

Menurut Harvard Health, diperkirakan bahwa orang seberat 70 kg membakar sekitar 167 kalori per 30 menit berjalan kaki dengan kecepatan sedang 6,4 km/jam.

2. Joging atau lari

Meskipun tampak serupa dengan jalan kaki, perbedaan utamanya adalah kecepatan lari umumnya antara 6,4–9,7 km/jam, sedangkan kecepatan lari lebih cepat dari 9,7 km/jam.

Harvard Health memperkirakan bahwa orang dengan berat 70 kg membakar sekitar 298 kalori per 30 menit jogging dengan kecepatan 8 km/jam, atau 372 kalori per 30 menit berlari dengan kecepatan 9,7-km/jam.

3. Bersepeda

Meskipun bersepeda secara tradisional dilakukan di luar ruangan, banyak gym dan pusat kebugaran memiliki sepeda stasioner yang memungkinkan Anda bersepeda sambil tetap berada di dalam ruangan.

Harvard Health memperkirakan bahwa seseorang dengan berat 70 kg membakar sekitar 260 kalori per 30 menit bersepeda dengan sepeda stasioner dengan kecepatan sedang, atau 298 kalori per 30 menit dengan sepeda dengan kecepatan sedang 19–22,4 km/jam.

Bersepeda tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, tetapi penelitian telah menemukan bahwa orang yang bersepeda secara teratur memiliki kebugaran keseluruhan yang lebih baik, peningkatan sensitivitas insulin, dan risiko penyakit jantung, kanker, dan kematian yang lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang tidak bersepeda secara teratur.

4. Latihan beban atau weight training

Menurut Harvard Health, diperkirakan bahwa seseorang dengan berat 70 kg membakar sekitar 112 kalori per 30 menit latihan beban.

Selain itu, latihan beban dapat membantu Anda membangun kekuatan dan meningkatkan pertumbuhan otot, yang dapat meningkatkan tingkat metabolisme istirahat (RMR), atau berapa banyak kalori yang dibakar tubuh Anda saat istirahat.

5. Latihan Interval atau interval training

Pelatihan interval, lebih dikenal sebagai pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT), adalah istilah luas yang mengacu pada ledakan singkat latihan intens yang bergantian dengan periode pemulihan.

Biasanya, latihan HIIT berlangsung 10–30 menit dan dapat membakar banyak kalori.

Misalnya, mengayuh sepeda sekeras yang Anda bisa selama 30 detik diikuti dengan mengayuh dengan kecepatan lambat selama 1-2 menit. Ulangi pola ini selama 10–30 menit.

6. Berenang

Harvard Health memperkirakan bahwa orang dengan berat 70 kg membakar sekitar 233 kalori per setengah jam berenang.

Cara Anda berenang tampaknya memengaruhi jumlah kalori yang Anda bakar.

Per 30 menit, seseorang dengan berat 70 kg membakar 298 kalori untuk gaya punggung, 372 kalori untuk gaya dada, 409 kalori untuk gaya kupu-kupu, dan 372 kalori untuk air.

7. Yoga

Harvard Health memperkirakan bahwa orang dengan berat 70 kg membakar sekitar 149 kalori per 30 menit berlatih yoga.

Selain membakar kalori, penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dapat mengajarkan perhatian , yang dapat membantu Anda melawan makanan yang tidak sehat, mengontrol makan berlebihan, dan lebih memahami sinyal rasa lapar tubuh Anda.

8. Pilates

Menurut sebuah penelitian yang disponsori oleh American Council on Exercise, seseorang dengan berat sekitar 64 kg akan membakar 108 kalori pada kelas Pilates pemula selama 30 menit, atau 168 kalori pada kelas lanjutan dengan durasi yang sama.

Selain penurunan berat badan, Pilates telah terbukti mengurangi nyeri punggung bawah dan meningkatkan kekuatan, keseimbangan, fleksibilitas, daya tahan, dan tingkat kebugaran secara keseluruhan.(*_*)

Berita Terkait

Baca Juga