Mantan Pesepakbola Nasional Dirikan Klub Bola Usia Dini

INFODESA57 Dilihat

TANGERANG, INFODESANEWS – Mantan pesepakbola nasional Nusa Effendi kini punya akvitas baru. Mantan pemain Persija Junior tahun 1983 dan Persib Bandung itu membina para pesepakbola usia dini di daerah Tangerang, Banten.

Di bawah bendera klub sepakbola yang didirikan Merah Putrih (MP) Soccer, pendi–sapaan akrabnya melatih bibit-bibit muda pesepakbola usia 8-16 tahun. “Saya berharap wadah yang saya dirikan ini dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan sepakbola di Indonesia,” ujar Pendi.

Menurutnya, MP Soccer, selain melakukan latihan rutin juga sudah mengikuti berbagai kejuaraan seperti di Bandung dan Jakarta belum lama ini. “Alhamdulillah, dari kejuaraan yang kami ikuti semuanya meraih juara 1,” ujar Pendi yang juga pernah memperkuat Klub Sepakbola Warna Agung ini.

Di sisi lain, belum lama ini Pendi juga baru saja mengadakan turnamen sepakbola nasional usia dini. Turnamen yanh bertajuk “Akademi Sepakbola MP 2” ini diikuti klub sepakbola usia dini dari berbagai daerah. Kegiatan ini diadakan di Daru Jambe Tangerang.

“Turnamen ini tidak sekedar ajang lomba untuk merebut hadiah, tapi juga untuk mencari bibit pemain sepakbola potensial. Kami akan didik sebaik mungkin dengan harapan bisa diajukan ke tingkat nasional,” kata mantan striker nasional ini.

Diitambahkan, dari pengalamannya mengadakan turnamen, dia melihat banyak klub sepakbola yang punya pemain potensial. Kondisi ini diperkuat dukungan orang tua yang mendorong anak-anak mereka untuk mengaaah kemampuan.

“Jadi, turnamen adalah salah satu sarana bertanding sekaligus berlatih dan tukar pengalaman antar tim untuk kemajuan skill mereka,” tutur pendiri Asean (Asosiasi Sekolah Sepakbola Nusantara). Asean sendiri dibentuk bertujuan mengkader pemain bola usia dini dengan harapan ke depan Indonesia tidak kekurangan pesepakbola handal. ***Apt