Maksimalkan Tugas Bankom, Polrestabes Semarang Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama,

INFODESA43 Dilihat

SEMARANG, INFODESANEWS – Bantuan Komunikasi (Bankom) Polrestabes Semarang hari ini (26/08) memberikan bekal pada para personilnya dengan ilmu Pertolongan Pertama (PP) di Aula Markas PMI Kota Semarang, Jalan Soegijopranoto 35 Kota Semarang. Ketua Bankom, Giri Purdiyanto saat dimintai keterangan pers-nya menyatakan kegiatan tersebut dilaksanakan karena memandang pentingnya meningkatkan kualitas para personilnya. Selain itu, bekal ilmu PP dimaksudkan sebagai upaya memaksimalkan tugasnya dalam sebagai mitra kepolisian.

“Kegiatan ini merupakan agenda Bankom untuk meningkatkan kualitas Bankom dalam tugas kemanusiaan sehingga tahu persis ketika menangani korban kecelakaan,” Kata Giri seusai pembukaan pelatihan. Selain itu, Giri berharap jajarannya dapat melaksanakan agenda kerjasama secara berkelanjutan dengan potensi lainnya, “Harapannya tentu bisa berkelanjutan dengan yang lain, SAR, DAMKAR dan sebagainya,” lanjutnya. “Hasil lain dari pelatihan pertolongan pertama tentu ada korelasi dengan Kepolisian, misalkan dengan berperan dalam melakukan pertolongan pertama sembari menyampaikan informasi adanya kecelakaan, ” terang dia.

Menurutnya, Bankom yang kini beranggotakan lebih dari 100 Orang personil aktif sejak didirikan pada Maret 2004 membutuhkan realisasi rangkaian kegiatan kerjasama untuk menambah kompetensi. Bankom butuh keterampilan dalam hal kebencanaan, teknik pengamanan lingkungan dari bahaya kebakaran misalkan. Bahkan, lebih dari itu personil Bankom diharapkan bisa melakukan sosialisasi atas hal-hal yang telah dipelajari.

Sosialisasi dapat dilakukan anggota dengan lingkungannya, berkaitan informasi penting pengamanan lingkungan, pertolongan pertama, atau savety prosedur bagi rumah tangga misalkan, “Anggota Bankom harus masuk ke RT dan RW masing-masing agar optimal,” tegasnya,

Sekretaris PMI Kota Semarang, H Surachman menyatakan bahwa PMI siap mendukung kegiatan Bankom. Surachman mengungkapkan bahwa Pengurus PMI memiliki keahlian tersendiri sesuai dengan bidangnya, dan di juga menyatakan bahwa PMI siap menerima persoil Bankom yang bersedia menjadi Tenaga Sukarela (TSR) PMI. Adanya kerjasama pelatihan tersebut harapannya, Bankom bisa membantu korban. Tidak hanya sebatas memberikan informasi kecelakaan dan sebagainya dengan cepat.