Link and Match Peningkatan Pengetahuan dan Pengalaman Bagi Sekolah Vokasi UMS

INFODESA, PENDIDIKAN157 Dilihat

SURAKARTA – INFODESANEWS, Kegiatan perkuliahan bersama DUDI (dunia usaha dunia industri) dalam rangka peningkatkan pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang dilaksanakan secara luring dengan pemateri para instruktur sesuai bidangnya, baik akademisi dan praktisi. Sekitar 70% pengajar ditiap kompetensi Sekolah Vokasi UMS, berasal dari para praktisi sesuai bidangnya, hal ini untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan semangat belajar bagi mahasiswa.

Kegiatan pembelajaran dan pendidikan yang dilaksanakan 70% mengasah skill (ketrampilan) agar mahasiswa lebih cakap dan menguasai permasalahan di dunia kerja. Selanjutnya 20% mengasah kemampuan pengetahuan dan pengalaman sebagai bekal dalam melakukan kegiatan magang di DUI mitra Sekolah Vokasi UMS, serta 10% untuk mengasah dan membentuk perilaku melalui achivement motivation training dan bina mental fisik (bintalsik).

Kegiatan pelatihan dan pendidikan yang dirancang, diawali dengan achivement motivation training dan bina mental fisik (bintalsik) oleh team pembinaan mental fisik sekitar 10%, kemudian inclass dengan pemahaman materi sesuai kompetensi sekitar 20% dengan instruktur akademisi dan praktisi mitra Sekolah Vokasi UMS dan magang DUDI dengan konversi 10% praktek ditempat workshop dan 60% di perusahaan mitra, selanjutnya mahasiswa membuat laporan akhir.

Kegiatan diakhir pelatihan meteri workhsop kompetensi ini juga disampaikan tentang pentingya manajemen produktivitas, sistem kerja, manajemen bisnis dan persediaan, quality control serta bidang produksi. Tak lupa materi tentang Human Resources Management dan Key Performance Indicator, disampaikan oleh team PT Pan Brothers, disampaikan Reza Zamzami (Senior Manager HRM Pan Brothers) dan Agustina Indri (People Development PT Pan Brothers). Perkuliahan dilaksanakan sejak 08.00-14.30 di Sekolah Vokasi UMS.

Sekolah Vokasi UMS, selalu bersinergi dan kolaborasi dengan mitra DUDI dalam rangka implementasi link and match mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Melalui kegiatan link and match ini   mahasiswa banyak belajar dan banyak mendapatkan pengalaman riil di lapangan dan rencana kegiatan magang industri. Kegiatan diikuti mahasiswa mekanik alat berat dan diikuti dengan serius, menyenangkan dan antusias, senantiasa membawa manfaat. (anto/her)

Berita Terkait

Baca Juga