Lewat Tim URC Muria, Polres Kudus Antisipasi Kerawanan Wilayah

INFODESA66 Dilihat

KUDUS, INFODESANEWS – Polres Kudus telah menurunkan Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Muria dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di wilayah hukumnya.

Kegiatan apel kesiapsiagaan Tim URC Muria digelar dengan melibatkan 90 personel dari satuan di Polres Kudus hingga tingkat polsek Jajaran yang dalam tugasnya dibagi 3 Tim dan siaga 24 jam.

“Jadi kesiapsiagaan Tim URC Muria digbentuk dalam rangka menjaga harkamtibmas di bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H dan seterusnya,” kata Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto saat dikonfirmasi awak media, Senin (10/4/2023).

Karena, lanjut dia, hasil evaluasi Polres Kudus dari tahun ke tahun di bulan Ramadhan ada sedikit peningkatan gangguan keamanan.

Sehingga, Polres Kudus mengantisipasi hal tersebut agar tidak terjadi gangguan keamanan yang terjadi di wilayah hukumnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Penekanan Dandim Karanganyar Terhadap Penggunaan Medsos

Dia mencontohkan seperti kejadian perampokan di wilayah Kabupaten Cilacap dan gangguan kamtibmas lainnya di sejumlah wilayah lainnya. Sebagai bentuk antisipasi, maka Polres Kudus menyiapkan Tim URC Muria ini.

“Tim ini, kami cek lagi kesiapan, perlengkapan, dan sarana prasarananya. Sehingga, dapat bertugas dengan baik, serta dapat terjun di tengah masyarakat baik di jam rawan maupun disepanjang waktu sehingga dapat memberikan jaminan keamanan pada masyarakat,” katanya.

Dengan adanya Tim URC Muria Polres Kudus, ia berharap juga masyarakat dapat beribadah dan beraktivitas dengan aman dan nyaman selama puasa Ramadhan hingga Lebaran mendatang.

Kapolres mengimbau kepada masyarakat apabila bepergian dan beraktivitas di luar rumah agar tidak memakai barang mencolok seperti perhiasan dalam jumlah berlebih. Sebab keberadaan barang tersebut dapat memancing tindak kejahatan ditempat keramaian.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Penertiban Minimarket Yang Tidak Berijin Di Blora

Masyarakat yang akan beraktivitas di perbankan diimbau jangan sendirian. Apabila melakukan transaksi keuangan atau membawa uang dalam jumlah besar.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat untuk meminta pengawalan atau pengamanan dari Polres Kudus. “hal ini selain bentuk jaminan keamanan sekaligus mengantisipasi terjadinya tindak kriminal.

Tim URC Muria Polres Kudus sendiri akan masif patroli di wilayah yang menjadi pusat keramaian aktivitas masyarakat seperti perbankan, pegadaian, pusat perbelanjaan, Mall, pasar, toko emas dan tempat lain yang bisa mengundang kerawanan kriminalitas.

“Tim URC Muria akan mobile dan patroli dialogis dengan masyarakat. Termasuk mengecek ke tempat ATM karena jadi salah satu titik rawan kejahatan,” tegas Kapolres Kudus.(@Gus Kliwir)