Lestarikan Budaya, Dandim 0906/Kkr Hadiri Pembukaan Erau

INFODESA248 Dilihat

KUTAI KARTANEGARA, INFODESANEWS – Komandan Kodim 0906/ Kkr Letkol Inf Jeffry Satria hadiri acara pembukaan erau adat pelas benua Kutai Kartanegara bertempat di Museum Mulawarman jalan Diponogoro Kelurahan Panji Kecamatan Tenggarong, Minggu 24/9/23.

Melalui prosesi ritual dengan mendirikan tiang ayu maka pembukaan erau adat pelas benua telah di mulai dimana tiang ayu merupakan pusaka sebagai lambang kerahayuan, serta salah satu senjata yang digunakan Raja pertama Kutai Kartanegara bernama Aji Batara Agung Dewa Sakti, dengan selesainya prosesi ritual tersebut maka pembukaan erau di mulai.

Dalam sambutannya Bupati Kukar Drs Edi Damansyah menyampaikan Erau ini sekaligus rangkaian dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tenggarong ke 241 tahun dimana akan di adakan pertunjukan seni budaya dari berbagai sanggar tari maupun paguyuban yang ada di Kecamatan Tenggarong ujarnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Percepat Penurunan Angka Stunting Kecamatan Jatiagung Gelar Rembug Stunting

Dengan adanya erau adat pelas benua ini marilah kita secara bersama sama turut menjaga kelestarian budaya yang ada di Kutai Kartanegara imbuhnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Padmasari Mestikajati Puji Pasangan Dwi Astutiningsih – Reza Yudha Penuh Inovasi Baru

Secara resmi Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin menyatakan, Sah Erau tahun 2023 mulai hari ini dibuka,” ucap Aji Muhammad Arifin.

Pembukaan erau adat pelas benua di meriahkan dengan beraneka tarian tradisional dan tarian kolosal yang di mainkan oleh para pelajar berceritakan tentang asal muasal terjadinya erau.(mur)