oleh

Laporkan Penyedia Barang Jasa Nakal Dana Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi

BLORA, INFODESANEWS  – Akan di cairkannya dana Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi ( BOS Afermasi ) sejumlah kepala sekolah penerima bantuan dari Dinas pendidikan Pusat, kepala dinas Pendidikan Blora Hendi Purnomo, S.STP, MA, mengharapkan dalam pembuatan kontrak kerja dengan pemesanan barang harus lebih hati – hati dan selektif.

Dok.Edy Yulianto S.Com ketua GN-PK kabupaten Blora

Hal itu diungkapkan Hendi Purnomo, S.STP, MA, saat Infodesanews menyambanginya di kantor, kamis, 5/12/2019. Pentingnya kepala sekolah yang mendapatkan kucuran dana Bos Afirmasi untuk lebih teliti dalam penerimaan barang, serta menolak bila terindikasi barang pesanan tidak sesuai standarisasi dari ketentuan perundang – undangan serta Permendikbud 31 tahun 2019 tentang Juknis BOS Afirmasi dan BOS Kinerja.

“ Kepala sekolah harus berani menolak, serta melaporkan kepada Dinas jika ada pemaksaan dalam penerimaan barang yang tidak sesuai pesanan sekolah tersebut,” ungkapnya.

“ Dan dipastikan  orang kedinasan tidak akan ikut bermain dalam pengadaan barang, karena pengadaang melalui pengadaan secara elektronik, khususnya electronic purchasing yang memungkinkan pembelian barang dengan cara efektif dan mengurangi potensi manipulasi dalam proses tender, jika ada segera laporkan agar diambil tindakan serius,” tegasnya.

Senada dengan kepala dinas pendidikan Blora Hendi Purnomo, S.STP, MA, Salah satu Kepala sekolah yang berdomisili di kecamatan Japah mengungkapkan pihaknya akan lebih berhati – hati dan melibatkan tim dalam penerimaan barang/jasa dari Program Dana Bos Afirmasi.

“ Kami tidak mau kecolongan dan lebih hati – hati dalam penerimaan barang, karena beberpa waktu lampau kami  pernah di tipu dengan dalil casing bagus namun semua perinti dalamnya sudah di ganti dengan modifikasi/ barang secend,” ujarnya yang tidak mau namanya di sebutkan.

Melihat situasi tersebut GN-PK Blora di bawah kendali Edy Yulianto yang akrap di sapa Edy com bertekat membantu pemerintah yang khususnya dinas pendidikan untuk mengawasi dalam pencairan dana bos Afirmasi bulan desember nanti.

Baca juga  Danrem 081/DSJ : Melalui TMMD Ke-105, Kita Percepat Pembangunan  

“ Kita mencoba untuk mengurangi angka kebocoran dana Bos Afirmasi dengan pembelian barang yang berbobot dan berkwalitas sehingga dalam pemakainanya nanti akan lebih awet serta tahan lama,” ungkapnya.

“ Kami tidak akan segan – segan menindaklanjuti  jika ada ditemukan pengadaan barang/jasa yang asal – asalan,” tegas Pentolan GN-PK kabupaten Blora,”Tegasnya. ***Ar/Edy

Berita