Lakukan Sosialisasi dan Screening HIV di Hari Aids Sedunia, Ini Komentar Sudarmi Idrus

INFODESA, NASIONAL178 Dilihat

SULAWESI SELATAN, INFODESANEWS – Hari Aids Sedunia menjadi agenda internasional yang diperingati setiap tanggal 1 Desember. Pada peringatan tahun 2022 ini, Hari Aids Sedunia mengangkat tema Equalize, yaitu tindakan menyetarakan akses dan fasilitas layanan kesehatan, terutama pada anak-anak, pengguna narkoba dan pekerja seks komersial.

Peringatan Hari Aids Sedunia ikut dilaksanakan di Puskesmas Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara dengan melakukan kegiatan sosialisasi dan Screening HIV/AIDS dan layanan pemeriksaan kesehatan di Kantor Desa Dandang Kecamatan Sabbang Selatan, Kamis (1/12/2022).

Menurut Kepala Puskesmas Sabsel, Sudarmi, SKM, kegiatan ini merupakan agenda tahunan untuk menyadarkan masyarakat akan ancaman HIV/AIDS.

” Ini selalu dijadikan peringatan oleh semua sektor, baik kementerian, lembaga dan seluruh lapisan masyarakat untuk berjuang dalam pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS dan penyakit menular seksual lainnya secara komprehensif.” sebut Sudarmi Idrus.

Edukasi terkait pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS, terang Sudarmi, tetap relevan untuk dilakukan. Ancaman penyakit yang mulai terdeteksi sejak tahun 1980-an ini terus menjadi momok.

HIV/Aids, menurutnya, ditengarai banyak tersebar melalui perilaku Homoseksual dan Sex bebas dengan pengidap HIV/AIDS, penggunaan narkoba melalui jarum suntik yang digunakan bergantian, serta transfusi darah yang tercemar virus HIV. (Yustus)

Berita Terkait

Baca Juga