KPU Lutra Tambah Perpanjangan 3 Hari Rekrutmen PPS di Kecamatan Seko & Bone-Bone

NASIONAL125 Dilihat

SULSEL(LUTRA), INFODESANEWS – Pelamar calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada Luwu Utara(Lutra) 23 September 2020, yang dibuka dari 18 hingga 24 Februari 2020 tidak kuota, kurang peminat didua Kecamatan yakni Kecamatan Seko dan Bone-Bone.

Hal ini memaksa KPUD Lutra memperpanjang pendaftaran rekrutmen calon PPS. Dari informasi yang didapat, hingga penutupan tahap pertama rekrutmen PPS, baru ada 1404 pelamar yang mendaftar. Sementara kebutuhan PPS untuk penyelenggaraan PPS mencapai 519 orang.

“Hal ini disampaikan Rahmat anggota KPU Lutra dari divisi Parmas dan SDM mengatakan bahwa perpanjangan disebabkan tak memenuhi kuota di Kecamatan Seko untuk semua desa dan di Kecamatan Bone-Bone yang kurang kuota di Desa Muktisari, Bantimurung, dan Desa Sadar. Karena dua Kecamatan tersebut harusnya kebutuhan enam orang dan untuk menetapkan tiga orang anggota PPS tiap desa dan tiga orang lainnya menjadi cadangan jika ada PAW(Pergantian Antar Waktu),” jelasnya.

Sehingga diperpanjang tiga hari mulai 25 sampai 27 Februari 2020 pukul 08.16 Wita tiap hari kerja.

Hasil pantauan di KPU Lutra, Rabu (26/02/2020) pendaftaran calon PPS dari Kecamatan Bone-Bone sudah ada pelamar yang mendatangi lokasi pendafaran, tinggal dari Kecamatan Seko.

Sementara Komisioner KPUD Lutra Supriadi saat dikonfirmasi, membenarkan kalau pelamar PPS di Kabupaten Lutra belum memenuhi kuota pelamar. Sehingga KPUD memperpanjang pendaftaran hingga 27 Pebruari besok.

Uppi’ panggilan akrabnya anggota KPU Lutra mengatakan, kemungkinan warga takut menjadi anggota PPS lantaran saat Pileg 2019 lalu pekerjaanya ribet, sehingga peminat sangat minim. Selain itu, sepinya peminat juga lantaran adanya aturan kalau anggota PPS tidak boleh dua kali periode bertugas. Makanya, warga yang telah menjadi anggota PPS sebelumnya tidak mengajukan lamaran.

“Bila hingga batas akhir perpanjangan pendaftaran, kuota tidak terpenuhi. Maka kami akan adakan koordinasi kembali,”ujarnya.

Lanjut dia, untuk pelaksanaan Pilkada tahun 2020, honor PPS naik dari honor yang diterima PPS saat pelaksaan Pileg lalu. Meski demikian, toh tidak bisa menggugah animo warga menjadi anggota PPS.

“Kami telah jauh-jauh hari lakukan sosialisasi retkrumen PPS ini namun tetap sepi peminat di Kecamatan Seko,”tandasnya

Sekadar di ketahui Kabupaten Luwu Utara mempunyai 15 Kecamatan.(yustus)

Berita Terkait

Baca Juga