Korem 091/ASN Gelar Sosialisasi Netralitas TNI

INFODESA73 Dilihat

SAMARINDA – INFODESANEWS200 personel TNI Jajaran Korem 091/Aji surya Natakesuma (ASN) mengikuti sosialisasi pembinaan netralitas TNI pada Pileg/Pilpres April 2019 di aula Wira Yudha Makorem 091/ASN Jl. Gajah Mada No 11 Samarinda Kaltim, Kamis (21/3/2019).

Kegiatan ini bertemakan “Melalui pembinaan Netralitas TNI dalam Pileg/Pilpres, kita wujudkan profesionalisme TNI dengan bersikap netral dalam penyelenggaraan Pemilu baik Pileg maupun Pilpres dan senantiasa mendukung suksesnya penyelenggraan Pemilu yang luber dan Jurdil diseluruh wilayah NKRI”.

Dalam amanat Danrem 091/ASN yang dibacakan Kasi Pers Korem 091/ASN Kolonel Inf. Andi Kusworo  mengatakan netralitas TNI adalah kewajiban yang diamanatkan Undang Undang. Menurutnya, TNI lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara yang lebih luas.

Sesuai Undang-Undang Republik  Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia pasal 2 huruf d ditegaskan bahwa Tentara Profesional yaitu tentara yang terlatih, terdidik, diperlengkapi secara baik, tidak berpolitik praktis, tidak berbisnis dan dijamin kesejahteraannya, serta mengikuti kebijakan politik negara yang menganut prinsip demokrasi, supremasi sipil, hak asasi manusia, ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi.

Penyelenggaraan Pileg dan Pilpres merupakan sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila, sebagaimana diamanatkan dalam UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945. Pileg dan Pilpres mempunyai nilai sangat strategis bagi perjalanan bangsa Indonesia ke depan.

 

Tidak berpolitik praktis dimaknai dengan konsistensi Netralitas TNI yang merupakan bagian dari komitmen TNI dalam rangka ikut serta menyukses-kan Pemilu baik Pileg maupun Pilpres. Dalam hal ini TNI lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dengan mengedepankan sikap tidak berpihak kepada salah satu Parpol dengan memegang  Prinsip NETRAL.

Sikap Netralitas TNI, yaitu sikap yang lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara yang lebih luas dibanding dengan sikap dukung mendukung pada salah satu kelompok atau golongan tertentu.  Netralitas TNI harus benar-benar dipahami, dihayati dan diimplementasi-kan dalam kehidupan prajurit TNI.  Hal ini merupakan salah satu wujud ketaatan TNI kepada Undang-Undang dalam menyukseskan program reformasi.

Sedangkan sebagai pembawa materi sosialisasi yakni paur Undang Lahkara Kumrem 091/ASN Kapten Chk Supriadi , SH.

Penulis Murdi