Koramil 421-07/Sdm Lakukan Simulasi Penanganan Bencana Di SMA Negeri 1 Sidomulyo

INFODESA81 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS – – Komando Rayon Meliter (Koramil) 421-07/Sdm yang dipimpin langsung oleh Danramil 421-07/Sdm Kapten Kav Suyanto yang di bantu oleh dua orang anggotanya Serda Saryono dan Serda Agus berikan materi dan pelatihan simulasi penanggulangan bencana alam kepada ratusan siswa siswi SMAN 1 Sidomulyo Lampung Selatan. Jum,at (26/4/2019)

Menurut Danramil 421-07/Sdm Kapten Kav Suyanto Kegiatan tersebut dilakukan bertujuan untuk melatih Guru dan siswa/wi bagaimana cara bertindak untuk menyelamatkan diri ketika pada saat pelajaran di kelas dan tiba-tiba terjadi Gempa bumi.

“Kegiatan ini Sekaligus memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) dengan tema “Siaga Bencana Alam Dimulai Dari Diri Kita, Keluarga Dan Komunitas” yang jatuh pada tanggal 26 April 2019.”ujar Kapten Kav Suyanto.

Diketahui Kegiatan yang diawali dengan briefing oleh Danramil dan para Dewan Guru itu, yang dilanjutkan dengan pengarahan kepada seluruh peserta simulasi bagaimana cara untuk menangani ketika tiba-tiba terjadi musibah gempa pada saat jam pelajaran sedang berlangsung.

Pada kesempatan itu Kapten Kav Suyanto mengatakan kita harus peka setiap ada tanda-tanda bencana, Saat sirine tanda gempa berbunyi Guru dan siswa-siswi yang sedang berada di ruang kelas segera menyelamatkan diri dengan melindungi kepala dan berusaha keluar ruangan kelas menuju lapangan.

“Dan sesaat pasca gempa terjadi siswa – siswi yang tergabung dalam PMR dan Pramuka segera mencari korban di ruangan kelas dan segera memberikan pertolongan pertama dengan cepet meng evakuasi ke Rumah rumah sakit terdekat dengan menggunakan kendaraan yang ada di sekolah.”kata dia dalam arahanya saat melakukan simulasi.

Sementara itu Kepala sekolah SMA Negeri 1 Sidomulyo Hidayatullah.M.Pd.MM. mengucapkan terima kasih kepada TNI dalam hal Koramil 421-07/Sdm yang telah memberikan materi sekaligus memberikan simulasi tentang menghadapi adanya bencana Gempa bumi yang sudah melibatkan siswa siswi kami.

“Mudah-mudahan apa yang telah diberikan oleh Jajaran TNI dapat bermanfaat dan di terapkan untuk penanganan bencana dan para siswa siswa cepat tanggap darurat.” Kata dia dalam sambutannya. (Sg)