oleh

Koprasi SJJM Mampu Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

LAMPUNG SELATAN, INFODESANESW — Meskipun ditengah kondisi Pandemi Covid-19, Koprasi Sidomulyo Jejama Makmur (SJJM) di Kecamatan Sidomulyo mengalami peningkatan laba.

Dalam laporan Rapat Akhir Tahun (RAT) 2020, total pendapatan koperasi SJJM Sidomulyo sebesar Rp1.258.736.815. alami peningkatan dibandingkan tahun 2019 lalu sebesar Rp1.144.051.466.

Setelah di potong biaya operasional, koperasi SJJM Sidomulyo raup laba bersih sebesar Rp566.699.393, alami peningkatan dibandingkan tahun 2019 sebesar Rp551.546.789.

Koperasi SJM yang bergerak di bidang bidang pinjaman modal, merupakan warisan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) yang sudah berakhir.

Tetap mengadopsi sistem PNPM-MP dengan kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP), Koperasi SJJM Sidomulyo, masih raup keuntungan dengan tengah pandemi Covid-19.
“Ada keuntungan sebesar lima juta dibandingkan tahun lalu,” kata Ketua Pengurus Koperasi SJJM Sidomulyo, Muksin HS, usai RAT ke V, Rabu 13 Januari 2021.

BACA JUGA  Di Lamsel Capai 518 Kasus Covid-19, dan 27 Kasus Kematian

Sampai saat ini, ada 870 anggota koperasi SJJM tergabung didalam 61 kelompok Simpan Pinjam Perempuan.
“Ada beberapa anggota yang keluar karena faktor umur dan usahanya tidak berjalan lagi,” ujarnya.

Anggota koperasi SJJM Sidomulyo, pada umumnya kelompok SPP yang merupakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah tersebar di 16 desa kecamatan setempat.
“Ini membuktikan usaha kecil mampu bertahan bahkan tumbuh meskipun pandemi Covid-19,” katanya.

BACA JUGA  Penyebaran Covid-19 di Lamsel Terus Meningkat Hingga Tercatat 538 Kasus Positif

Mantan Kepala Desa Sukamarga itu menjelaskan rencana kerja tahun ini dalam upaya meningkatkan penyertaan modal, dibuat tabungan berjangka bagi anggota.
“Tabungan berjangka mengadopsi deposito bank,” kata dia. (red)

“Ingat Pesan Ibu: Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan Dengan Sabun, Redaksi Infodesanews.com, mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan menerapkan (3M) di saat pepergian maupun di luar, Kalau Bukan Kita Siapa Lagi, Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi Untuk mengakhiri Covid-19

Berita