Komit Dorong Visi Futuristik Yang Komprehensif Bagi Kabupaten Blora Ketua SiapGan Resmi Dilantik

BLORA, INFODESANEWS – Farid Ardika Dasum ST MBA secara resmi dilantik sebagai Ketua Relawan SiapGan. Di Lapangan Garuda Doplang di Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Minggu (24/9/2023).

Mewakili ratusan relawan SiapGan, untuk secara aktif terlibat dalam menjaga dan mendorong partisipasi warga dalam proses demokratisasi. Apa yang membedakan SiapGan adalah fokusnya pada visi komprehensif untuk masa depan Kabupaten Blora pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Acara yang dihadiri oleh Dr. H Edy Wuryanto, anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, dan HM Dasum SE MMA, Ketua DPC PDI-P (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) Kabupaten Blora.

Ketua Relawan SiapGan, Farid Ardika Dasum menyampaikan, paling tidak ada 8 point pergerakan SiapGan yaitu Partisipasi Demokratis yang Aman, Kesejahteraan yang Merata, Peningkatan Sumber Daya Manusia yang lebih Produktif, terjaganya Stabilitas Harga Bahan Bahan Pokok, Penguatan Jaringan Pengaman Sosial, mendorong Hilirisasi untuk Menuju Pabrik Kelas Dunia, dan Akselerasi Nilai Tambah Pembangunan Infrastruktur, dan memulihkan kondisi alam Indonesia.

“SiapGan memahami pentingnya melindungi hak-hak demokratis warga negara. Mereka akan berperan aktif dalam menjaga proses demokratisasi yang aman, memastikan suara rakyat terdengar dengan jelas,” terangnya.

Lanjutnya, Point berikutnya adalah Kesejahteraan Rakyat yang Merata. “Fokus SiapGan adalah mendorong segala aktifitas ekonomi warga masyarakat menuju kemakmuran dan kesejahteraan secara merata.

“Kami komit untuk mengawal setiap upaya pemerintah untuk mengurangi kesenjangan ekonomi dan memastikan manfaat ekonomi dinikmati oleh semua lapisan masyarakat,” ucap Farid Ardika.

Lebih lanjut, hal berikutnya adalah Peningkatan Sumber Daya Manusia yang Produktif. Dengan mengakui bahwa setiap penduduk terutama Generasi Z dan milenial adalah aset berharga bagi negara, SiapGan akan menginvestasikan waktu dan sumber daya untuk turut meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan.

“Stabilitas Harga Bahan-bahan Pokok juga menjadi menjadi prioritas pengawalan. Dengan turut mengawal harga bahan-bahan pokok tetap stabil, tidak terjadi permainan harga di luar kendali pemerintah, maka SiapGan percaya, semua warga akan dapat mengakses pangan maupun barang-barang pokok dengan harga yang terjangkau,” ucapnya.

Farid menambahkan, dalam situasi-situasi sulit, SiapGan akan berperan dalam koordinasi maupun fasilitas penguatan sistem jaringan pengaman sosial, sehingga masyarakat yang rentan tetap dilindungi. Sebagai perwujudan Nasionalisme SiapGan, pihaknya tetap akan mendukung Hilirisasi untuk mencapai Industrialisasi Kelas Dunia baik itu pada produk olahan maupun industri jadi.

Sedangkan Akselerasi Nilai Tambah Pembangunan Infrastruktur dimaknai sebagai pengawalan terhadap pembangunan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi. Point terakhir adalah Memulihkan Kondisi Lingkungan Alam Indonesia.

“SiapGan berkomitmen untuk melakukan aksi dalam menjaga dan memulihkan lingkungan alam, kita pastikan bahwa setiap langkah-langkah yang diambil SiapGan akan diselaraskan dengan pelestarian alam,” paparnya.

Yang patut dicatat, salah satu aspek unik dari visi SiapGan adalah komitmennya terhadap pelestarian lingkungan, ide ini muncul dari komunitas lokal di Blora dan berfokus pada pemulihan lingkungan alam Indonesia.

Kepemimpinan Farid Ardika Dasum sebagai Ketua SiapGan diharap beberapa pihak yang hadir dapat membawa harapan akan masa depan yang lebih cerah bagi Kabupaten Blora pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Dengan visi komprehensif yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan, relawan SiapGan siap menggerakkan diri dan bekerja menuju Blora yang lebih makmur, adil, dan berkelanjutan.