Kodim Ponorogo Gelar Sosialisasi  Penanaman Rumput Vetiver

NASIONAL200 Dilihat

PONOROGO, INFODESANEWS – Kodim 0802/Ponorogo hari ini menggelar sosialisasi penanaman rumput  vetiver bertempat di gedung Balai Prajurit Kodim 0802/Ponorogo yang diikuti oleh anggota Kodom 0802/Ponorogo dan perwakilan Kodim jajaran Korem 081/Dsj, Jumat (14/02/2020).

Dihadapan peserta sosialisasi penanaman rumput vetiver, Pasiter Kodim 0802/Ponorogo, Kapten Czi Hadi Eko menyampaikan tentang cara tanam dan kegunaan rumput tersebut.

“ Sesuai apa yang saya dapat dari Komando Atas beberapa waktu yang lalu, yaitu tentang penanaman rumput vetiver di satuan satuan khususnya di jajaran Korem 081/Dsj, disini saya akan menjelaskan manfaat maupun kegunaan serta cara menanamnya, “ kata Pasiter Kodim 0802/Ponorogo mengawali penyampaian materi.

“ Rumput vetiver mempunyai akar serabut yang jauh bisa masuk ke dalam tanah dan sangat mudah untuk dibudidayakan karena dapat tumbuh diberbagai kondisi tanah seperti perbukitan, rawa, atau di lahan datar sepeti di sekitar kita. Nah akar dari rumput vetiver ini sangat bagus untuk menahan partikel-partikel tanah sehingga dapat mencegah erosi atau tanah longsor, “ katanya.

Selanjutnya dijelaskan cara menanam rumput vetiver yang diantaranya  yaitu mulai dari pengolahan lahan hingga pembibitan, cara tanam maupun cara perawatan rumput vetiver tersebut,

“ Untuk menanam rumput vetiver itu sangat mudah, terlebih dahulu gemburkan lahan, siapkan bibit rumput vetiver (bersihkan dari daun yang kering), buat lubang sedemikian rupa untuk tempat menanam serta atur jarak tanam kisaran antara 50 cm hingga satu meter, beri pupuk secukupnya. Pada kondisi lahan kering diusahakan penyiraman air secara maksimal agar air dapat masuk ke dalam tanah sehingga mengenai akar rumput, “ jelasnya.

Usai pemberian materi di ruangan, para peserta langsung melaksanakan praktek penanaman rumput vetiver di lahan sekitar lapangan Merak Kodim 0802/Ponorogo. Turut hadir dalam praktek penanaman rumput vetiver antara lain : Dandim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Sigit Sugiharto; Kasdim 0802/Ponorogo, Mayor Inf M. Yusup; Pasiter Kodim 0802/Ponorogo, Kapten Czi Hadi Eko, Pasi Wanwil Korem 081/Dsj Kapten Inf M. Riski; perwakilan Kodim jajaran Korem 081/Dsj serta anggota Kodim 0802/Ponorogo.(zai)

Berita Terkait

Baca Juga