Kodim 0721/Blora mengelar Latihan Teknis Teritorial

INFODESA79 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Kodim 0721/Blora mengelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) sebagai upaya satuan untuk memelihara dan meningkatkan penguasaan dan keterampilan prajurit kewilayahan, Senin (11/3). Hal itu Dimaksudkan agr prajurit memiliki kecakapan dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial baik secara perorangan maupun dalam hubungan kelompok.

Dandim 0721/Blora, Letkol Inf. Ali Mahmudi,SE secara langsung membuka Latnister di Aula Makodim Blora. Larnister tersebut diikuti 150 Babinsa jajaran Kodim Blora, dan 40 orang selaku penyelenggara.

Kegiatan akan berlangsung selama lima hari, terhitung mulai Tanggal 11 Maret – 15 Maret 2019, Adapaun materi latihan yang akan diberikan, meliputi materi Sikap teritorial,Lima Kemampuan teritorial, Binwanwil, Komsos ,Bakti TNI .

”Binter merupakan tatanan yang bercorak kewilayahan dan didayagunakan untuk mengolah potensi wilayah yang meliputi geografi, demografi, maupun kondisi sosial menjadi kekuatan yang siap diperlukan untuk kepentingan pertahanan Negara.
Latnister ini bertujuan memelihara dan meningkatkan penguasaan tentang pengetahuan serta keterampilan tehnis satuan kewilayahan dalam melaksanakan tugas-tugas kewilayahan. Selain juga memberikan kemampuan kepada para Babinsa agar dapat melaksanakan tugas di lapangan dengan baik,” tandas Dandim Ali Mahmudi.

Dikemukakan,
Latnister sangat perlu bagi para Babinsa, sehingga pesereta diminta untuk memerhatikan seluruh materi yang disampaikan penyaji. ”Jangan dipandang siapa yang menyampaikan tapi apa yang di sampaikan,” tandas Dandim. Ditambahkan, untuk mendukung suksesnya Pembinaan Teritorial (Binter), prajurit juga harus memahami sikap teritorial meliputi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dengan metode Binter dengan Bakti TNI, Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) dan Komunikasi Sosial (Komsos). (Pendim 0721/Blora)