KKNT UNISRI Kelompok 72 Berikan Sosialisasi Pentingnya Organisasi di Kalangan Remaja

KLATEN – INFODESANEWS, Dalam rangka Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT – MBKM) Universitas Slamet Riyadi Surakarta Tahun 2022, Kelompok – MBKM 72 yang Bertempat di Dusun Cabeyan, Desa Mlese, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Akhmad Mustofa, S.TP., M.P Melaksanakan program kerja KKN di SMPN 2 Cawas, Jl. Gombang RT 01/RW 01, Kecamatan Cawas, Dusun 1, Gombang, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) telah melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau biasa disebut KKN, dengan tema “UNISRI BERKONTRIBUSI DALAM KEBANGKITAN PASCA PANDEMI”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu 35 hari yang terjadwal dari tanggal 25 juli 20022 – 31 Agustus 2022. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri, Nusa Gilang Prayuda (21 Tahun) dari kelompok 72 dengan DPL, Akhmad Mustofa, STP. M.Si. di SMP N 2 CAWAS Desa Gombang.

Nusa Gilang P (Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNISRI) saat memberikan sosialisasi pada siswa SMP Negeri 2 Cawas Klaten (foto:dok)

“Saya sebagai mahasiswa khususnya mahasiswa fakultas ekonomi melaksanakan kegiatan sosialisasi dengan judul “Sosialisasi mengenai Pentingnya Organisasi di Kalangan siswa – siswi SMP N 2 Cawas “ yang bertujuan untuk mengedukasi anak – anak di desa tersebut dapat mengerti tentang pentingnya organisasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nusa Gilang Prayuda menjelaskan juga mengenai Pemuda merupakan aktor penting dalam pembangunan. Pemuda adalah sebuah kekuatan berbagai bangsa, bahwa pergerakan kaum muda-lah yang mengawali setiap perjuangan kemerdekaan dan pembangunan sebuah bangsa tersebut.

Berorganisasi sangat penting perannya dalam mendewasakan pola pikir dan perilaku disamping mengembangkan pergaulan (jaringan) setiap orang, menempa diri dalam menerima tanggungjawab, memimpin dan dipimpin orang lain, melatih diri terhadap aturan main (mekanisme), dan banyak manfaat lain-lain yang bisa didapatkan dari berorganisasi.

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-prasarana, data dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Uniknya pada kegiatan sosialisasi ini dikemas melalui agenda kuis supaya anak-anak lebih bersemangat dan tertarik dalam memahami materi yang dipaparkan karena di kemas melalui cara yang berbeda dan tidak membosankan, karena mungkin jika disosialisasikan di secara biasa saja anak – anak  akan cenderung bosan dan mengantuk dan tidak fokus dalam memahami materi sosialisasi.

Program ini dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Agustus 2022 di Mushola SMPN 2 Cawas yang di ikuti kelas 7A beserta kelas 7B, dengan penyampaian materi yang semenarik mungkin dan menggunakan metode yang mudah dipahami anak – anak, membuat kegiatan berlangsung sangat efektif, seluruh siswapun sangat antusias dan bersemangat dalam mendengarkan penjelasan tersebut, serta mereka juga menjawab pertanyaan dan mengajukan pertanyaan kepada Yuda. “Diharapkan dengan kegiatan sosialisasi ini siswa dan siswi SMPN 2 Cawas semangat dalam menggapai cita cita, serta menjadi anak bangsa yang unggul dan pro aktif dalam hal positif lainnya,” jelasnya. (*/Nusa Gilang P/red slo)