Ketua Kwarran Candipuro Pimpin Upacara Api Unggun

INFODESA1207 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Kwarran Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan Sugiarto memimpin upacara penyalaan api unggun dalam rangka HUT Ke-63 Pramuka yang dipusatkan di Lapangan desa Titiwangi Kecamatan Candipuro, Rabu (14/8/2024)

HUT Ke-63 tahun 2024 dengan tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”. Tema ini mengingatkan kita akan peran penting Pramuka dalam membentuk generasi muda yang berjiwa Pancasila dan siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Sesuai dengan Tema HUT Pramuka ke-63 tahun ini. “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI, ia berharap agar anggota pramuka dapat menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan, kemudian memaknai tri dharma satya pramuka dan dasa darma pramuka pramuka, meningkatkan persatuan, berbudi pekerti dan berakhlak mulia.

“Hal tersebut sejalan dengan kode kehormatan gerakan pramuka berupa Dwi Satya dan Tri Satya serta Dwi Darma maupun Dasa Darma Pramuka yang bagian utamanya adalah untuk menekankan kepada para pramuka agar dapat menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri serta ikut membangun masyarakat,”kata dia dalam arahannya.

Selanjutnya, ia juga mengajak gerakan pramuka terus berperan aktif dalam mengajarkan nilai nilai kebaikan, saling tolong menolong, saling menghargai dan bekerjasama dengan sesama sehingga dapat menyebarkan nilai – nilai positif yang di dapat dalam Dasa Dharma Pramuka kepada teman teman lainnya.

Menurutnya melalui kegiatan ini menjadi momentum meningkatkan kemampuan dalam melakukan pembinaan anggota pramuka.

“Selain itu juga dapat mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial pembina pramuka sehingga mampu berperan positif dalam kehidupan bermasyarakat.”ujarnya.

Diketahui kegiatan tersebut diawali dengan upacara oleh seluruh peserta perkemahan yang menambah kemeriahan HUT Pramuka Ke- 63 Tahun.
Dan tak hanya penyalaan api unggun saja malam ini acara pun di lanjutkan perlombaan menari untuk semua peserta yang mengikuti kemah HUT Pramuka Ke-63 Tahun yang di ikuti oleh,1200 peserta mulai tingkat SD,Mi,SMP,SMA,SMK Sedrajat atau penggalang dan penegak Se-Kecamatan candipuro. (Bambang)