oleh

Ketua Kwarcab Banyumas Pimpin Ziarah Ke Makam Tokoh Pramuka

BANYUMAS, INFODESANEWS -Menyongsong peringatan Hari Pramuka ke-59 tahun 2020, Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas mengadakan ziarah ke makam tokoh-tokoh yang berjasa bagi bangsa dan kemajuan organisasi Gerakan Pramuka di Banyumas, Rabu (12/08/2020). Ziarah ini dapat memberikan semangat dan motivasi dalam rangka membangun bangsa dan negara melalui pendidikan dan pelatihan Pramuka.

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banyumas Achmad Supartono, mempimpin ziarah ke makam tokoh Pramuka Banyumas. Tokoh pramuka yang sempat diziarahi antara lain makam Mantan Sekretaris Kwarcab Imam Sampurno di makam Kaliputih Kelurahan Mersi Purwokerto Timur, makam mantan Ketua Kwarcab Srimoyo Tamtomo di Makam Kebondalem Purwokerto Utara, Makam Pelatih Mutohar di Makam Babakan Karenglewas dan Makam Mantan Mabicab yaitu Pujadi Djaring Bandajuda dan RG Roedjito di Taman Makam Pahlawan Tanjung Nirwana Purwokerto.

BACA JUGA  Cawabub Antoni Imam Sempat Doakan Warga Yang Sakit Sebelum Menyapa Warga Kalianda

Pelaksanaan Ziarah kali ini dibatasi, hanya menyertakan pimpinan dan beberapa pelatih dan perwakilan DKC, hal ini karena masih adanya pandemi. Sebelum prosesi tabur bunga ke pusara tokoh, rombongan diterima oleh keluarga korban dipintu masuk makam.

Ketua Kwarcab Banyumas mengatakan bahwa momentum Peringatan Hari Pramuka tahun 2020 tidak hanya mengingat akan prestasi yang telah diraih, namun juga mengingat akan orang-orang yang berjasa terhadap perkembangan Pramuka Banyumas.

“Kami Pramuka Banyumas ikut mendoakan semua tokoh Pramuka yang telah mengabdikan diri untuk Pramuka, namun yang dikunjungi baru lima tokoh,” kata Achmad Supartono.

BACA JUGA  Peringati Hari Santri 2020, MWC NU Kayen Gelar Sepeda Santai Bersarung

Keluarga tokoh tersebut mengaku tak menyangka, makam keluarganya akan diziarahi oleh para Pengurus Pramuka Kwarcab Banyumas.

“Saya terkejut dan terharu setelah Bapak meninggal pengurus Pramuka Banyumas masih mengingat bapak, ini menjadi kebanggaan kami sebagai anaknya, karena saya tahu Bapak memang mencurahkan tenaga dan pikiranya untuk pramuka sampai akhir hayatnya,” kata Emy Putra dari Imam Sampurno.

Hal senada disampaikan oleh Sri Sudiyati istri dari Mantan Ketua Kwarcab Srimoyo Tamtomo. Menurutnya suatu penghormatan bagi dirinya dan keluarga jika pengabdian suaminya, terus diakui oleh penerus Pramuka Banyumas.

“Saya bangga menjadi warga Banyumas, melihat pramuka yang begitu aktif, semoga Pramuka Banyumas terus berprestasi,” katanya.

Berita