Ketua Komisi I Hadiri Rakor Antisipasi Kerawanan Pemilu 2024 Bersama Polres Lampung Selatan

INFODESA151 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESNEWS — Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) terus digaungkan memasuki tahun politik. Hal ini dinilai penting untuk menjaga kondusifitas kerja ASN di lingkungan Pemerintah Lampung Selatan.

Katua DPRD Lampung Selatan mengajak seluruh masyarakat untuk bersiap menghadapi Pemilu 2024 dengan damai dan partisipatif.

“Kita harus menghormati dan menghargai setiap pilihan dan calon yang maju, ini adalah bukti Lampung Selatan adalah daerah demokratis yang memberikan kesempatan yang sama bagi semua warga negara,” ujar ketua DPRD Lampung Selatan Hendri Rosyadi dalam hal ini yang diwakili ketua komisi I DPRD Lampung Selatan Dwi Riyanto.

Hal tersebut disampaikan usai menghadiri Rakor lintas sektoral Operasi Mantap Brata Krakatau 2023-2024 yang dipusatkan di Aula GWL Polres setempat, Rabu (15/11/2023)

Sebagai DPRD yang mendorong pelaksanaan Pemilu secara damai dan partisipatif di Lampung Selatan. akan berperan aktif dengan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang arti penting menggunakan hak pilih.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Kodim Pacitan Gelar Tes Urine Cegah Penyalahgunaan Narkoba Bagi Anggota

“Kita juga harus menjaga suasana kondusif di tengah persaingan tiga calon presiden. Jangan sampai ada saling menjelek-jelekkan. Itu akan merusak citra demokrasi kita. Kita harus mengedepankan sikap santun, toleran, dan saling menghormati,” katanya.

Ia juga berharap pemilu yang akan berlangsung pada Februari 2024 mendatang dapat berjalan lancar dan berdoa semoga para penyelenggara pemilu diberikan ketabahan, mengingat beban tahapan sudah sangat padat.

Selain itu mantan penyelenggara pemilu 2004-2009 hingga 2014 yang juga Ketua Komisi I DPRD Lampung Selatan dari Fraksi Gerindra itu meminta kepada KPU agar maksimal memberikan pemahaman regulasi kepada badan ad hoc pada tingkat PPK, PPS, dan KPPS agar memiliki pemahaman yang sama atas tatacara pemungutan dan penghitungan suara.

“Rekrutmen SDM untuk KPPS agar memperhatikan kemampuan daya tahan dan daya nalar yang baik agar bisa menyelesaikan tugas sesuai tenggat waktu serta cermat dan teliti.”terang Kader partai besutan Prabowo Subianto itu.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Terkait Jalan Rusak, Pj Bupati Pati Cek Ketersediaan Anggaran

“Kita semua berharap masyarakat yang sudah punya hak pilih agar betul-betul menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara yang baik. Jangan golput. Golput itu tidak ada pendirian yang tegak. Sebagai warga negara, kita harus ikut menyumbangkan suara kita,”imbuhnya.

Ia juga mengapresiasi peran Polres Lampung Selatan yang memberikan literasi dan memetakan kerawanan

“Kerjasama antara kepolisian, pemerintah, partai politik, tim sukses, masyarakat, dan media masa dapat terus terjalin untuk menciptakan pemilu damai dan partisipatif pada 2024 mendatang sehingga jangan sampai nanti menimbulkan kegaduhan,” ucapnya.

Diketahui Rapat koordinasi antar sektoral yang dipusatkan di Aula GWL Polres setempat itu dipimpin langsung oleh Kapolres Lampung Selatan AKBP Yisriandi Yusrin dihadiri Bupati Lampung Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Thamrin, Dandim 0421/LS Letkol Inf Fajar Akhirudin, Ketua Bawaslu, Wazaki, Kesbangpol Marthoni, Sasat Pol PP Maturidi serta seluruh Kapolsek Se-Lampung Selatan. (Red)