Ketika Para Menteri Mengumpulkan Dukungan Menjelang Pemilihan Umum 2024

NASIONAL110 Dilihat

JAKARTA,INFODESANEWS – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, panas perlahan mulai terasa. Banyak elite politik, termasuk yang kini menjabat menteri, mulai ribut menyiapkan ‘kata-kata’ untuk mendapatkan dukungan.

Safari politik mulai tampak dengan perayaan Idul Fitri pada 2 Mei 2022. Di hari pertama Idul Fitri, Ketua Umum Partai Guerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto itu terbang ke Yogyakarta untuk menjalin kontak dengan Presiden Joko Widodo. Pertemuan dilaksanakan di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta.

Selepas bertemu Jokowi, Prabowo langsung kembali ke Jakarta dan bersilaturahmi dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri. Di dalam kegiatan itu, Prabowo juga bertemu dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang juga anak Megawati, Puan Maharani.

Prabowo memang salah satu tokoh yang berdasarkan hasil jajak pendapat berbagai lembaga memiliki elektabilitas yang tinggi sebagai calon presiden.

Sampai saat ini Partai Gerindra menyatakan akan mengusung Prabowo sebagai calon presiden 2024. Sedangkan PDI-P ada kemungkinan akan mengusung Puan sebagai capres. Kedua partai itu pun terkoalisi menghadapi Pilpres 2024, meski selama ini kerap bersaing.

Agenda rapat Idul Fitri yang diwarnai politik juga diambil alih Ketua Umum Partai Golkar Erlanga Hartarto dari Kantor Koordinasi Perekonomian. Enam hari setelah Idul Fitri, Airlangga dikunjungi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pertemuan antara AHY dan Airlanga diramaikan dengan lobi-lobi politik. Sebab, dia menyebut kemungkinan koalisi Partai Golkar dan Partai Demokrat Korea setelah kegiatan mereka. Kedua partai ini berkoalisi di pemerintahan sebelumnya.

ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGA Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjalan bersama pada Sabtu (7/5/7/5/sesudah rapat di Widya Candra, Jakarta). 2022). Moderator kedua belah pihak berlangsung dalam rangka silaturahmi Idul Fitri 1443H.

Aerranga mengatakan komunikasi dengan AHY selalu baik. Keduanya melanjutkan percakapan aerranga mereka dan sering bertukar sapa di WhatsApp.

“Komunikasi kami sangat lancar dan WA-WA merespons,” kata Airlangga. “Tidak ada kendala.”

Pada Kamis, 5 Desember 2022, Airlangga bertemu dengan Presiden Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suharso Monoarfa yang juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Komisi Nasional. Partai Zulkifli Hasan.

Airlangga mengatakan setelah pertemuan bahwa ketiganya sebenarnya ingin membentuk koalisi.

“Tentunya kita akan bekerja sama untuk mengawal agenda politik ke depan, termasuk pemilu pada akhir 2024,” kata Erlanga dalam konferensi pers.

Airlangga mengatakan bentuk kerjasama tiga pihak dan program-program yang dilakukan akan diformalkan secara detail dalam waktu dekat.

/Ardito Ramadhan D Golkar, ketua partai, berfoto bersama Presiden Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarfa dan Ketua Umum Partai Amanat Rakyat Zulkifli Hasan di samping rapat ketiga di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis. 5 Desember 2022).

“Tentunya kami akan membuat program-program ke depan yang akan melanjutkan program strategis Jokowi,” kata Erlanga.

Zulkifli tak menampik bahwa ketiga partai tersebut berpeluang membentuk koalisi pada Pilpres 2024.

Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, berkata:

Suharso juga memberikan jawaban serupa untuk pertanyaan yang sama. Ia juga memberikan kesempatan kepada partai lain untuk bergabung dalam koalisi yang sedang dijajaki.

Suharso mengatakan, “Ada kemungkinan tertentu.

Secara terpisah, Menteri BUMN Eric Tohir menggelar acara halal-bi-halal bersama para aktivis pada 1998. Namun Dirjen 98 Institute Sayed Junaidi Rizaldi menegaskan, acara tersebut bukan merupakan bentuk dukungan terhadap pemilihan pendahuluan presiden 2024.

Ia mengatakan, acara tersebut merupakan bentuk silaturahim dan rasa terima kasih kepada para aktivis karena BUMN tersebut menyediakan rumah bagi keluarga empat korban tragedi Trisakti.

Sayed mengatakan kepada wartawan di Hotel Grand Sahid Jaya: “Jika ini masalah (pemilihan presiden), itu penting apa yang akan terjadi, tetapi hari ini kita dapat melihat dedikasi nasionalnya dan dia bukan beban masa lalu.” , Jakarta Pusat, Kamis (12/5). /2022).

Sayed mengevaluasi apakah Erick akan mencalonkan diri sebagai presiden, yang diputuskan oleh masyarakat. “Orang memilih berdasarkan cara dia tampil,” ujarnya.

/ Menteri BUMN Tatang Guritno Erick Thohir menghadiri acara Halal Bi-Halal 1998 bersama para aktivis pada Kamis 5 Desember 2022 di Hotel Grand Sahid Jaya Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Dalam kasus yang sama, Erick mengatakan bahwa menyediakan rumah bagi keluarga korban tragedi Trisakti didasarkan pada kepekaan manusia. Dia tidak ingin diberikan fasilitas dalam urusan politik.

“Masih payung kemanusiaan untuk menghormati para pahlawan reformasi dengan menyediakan perumahan. Jangan melihat payung secara politis.”

Eric mengatakan pemerintah berusaha untuk menghargai para reformis. Sebab, peristiwa 1998 merupakan bagian dari sejarah yang harus dikenang masyarakat.

“Ini adalah kemanusiaan yang harus kita teruskan, karena jika tidak kita akan binasa sebagai bangsa. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarah,” tambahnya.

Pada 9 Mei 2022, Presiden Jokowi Widodo mendesak para menteri untuk fokus pada pekerjaan mereka, bahkan jika pemilihan umum 2024 dimulai pada pertengahan tahun.

Perdana Menteri Jokowi memimpin rapat tingkat menteri yang akan diselenggarakan pada pukul 10.20 di hari yang sama, dengan mengatakan, “Saya juga mendesak para menteri untuk dengan tulus memenuhi perannya terkait dengan tahap pemilihan umum 2024 yang dimulai pada tahun ini. pertengahan 2024. lakukan,” katanya. Istana, Presiden Jakarta.

racun. Kantor Presiden Jokowi telah merekomendasikan untuk pulang sebelum arus mudik Lebaran memuncak pada 2022.

Jokowi mengingatkan jajarannya untuk memastikan agenda strategis nasional dapat terlaksana dengan baik. Hal ini untuk memastikan bahwa pemilihan umum 2024 dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan besar.

“Kita dapat memastikan bahwa agenda strategis nasional yang menjadi prioritas kita bersama, dapat terlaksana dengan baik dan pemilu dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar tanpa halangan,” kata Presiden.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengimbau seluruh menteri tetap fokus bekerja, meski tahapan Pilkada 2024 dimulai pada pertengahan 2022.

Usai memimpin rapat paripurna Grand Design Olah Raga Nasional (DBON) di Istana Wakil Presiden, Ma’ruf mengatakan “yang penting, seperti kata presiden, fokus dan fokus dan tidak menyerah”. Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022).

Secara terpisah, Wakil Menteri Politik, Hukum, Keamanan, Pertahanan, dan Hak Asasi Manusia Jaleswari Pramodhawardani dari Kantor Presiden (KSP) meminta para menteri memprioritaskan etika politik sebelum fase pemilu 2024 dimulai. Menjalankan agenda presiden, bukan pragmatisme yang bisa menimbulkan konflik.

“Dengan besarnya kewenangan yang tidak hanya diberikan oleh undang-undang, tetapi didelegasikan langsung oleh presiden, wajar jika posisi menteri dimanfaatkan untuk membantu agenda presiden bergerak maju. Kesejahteraan negara dan rakyatnya,” kata Jaleswari dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa (10/5/2022).

“Ini bukan untuk keuntungan pragmatis dan pribadi dan dapat menimbulkan konflik kepentingan,” katanya.***Myd.