Ketahanan Pangan di Kampungnya Melalui TMMD ke-110 Kodim 0912/Kubar

NASIONAL125 Dilihat

MAHAKAM ULU, INFODESANEWS | Long Hubung, program yang telah dilaksanakan oleh TNI AD yaitu menempatkan prajurit putra daerah terbaik di tempat asalnya sangat berdampak pada TMMD ke – 110 wilayah perbatasan Kodim 0912/Kubar, lantaran meraka mampu secara cepat beradaptasi langsung dilingkungan wilayah mereka tinggal sebelumnya.

Prada Herlambang salah seorang putra terbaik di Kampung Long Hubung yang mendaftarkan dirinya menjadi prajurit TNI AD Kodam VI/Mulawarman Korem 091/ASN Kodim 0912/Kubar pada tahun 2020.

Dirinya putra pasangan Ibu Ruth Damayanti dengan Bapak Heronimus Lung.

Berpengalaman kerja di bidang ilmu pertanian sebelumnya, Prada Herlambang kerja di PT Mars yang berada di Sulawesi selama 9 bulan dilanjutkan bekerja di PT Balit Sereal.

Dirinya bekerja di bagian produksi bibit Kakau di perusahaan tersebut.

Adanya program TMMD ke – 110 wilayah perbatasan Kodim 0912/Kubar di Kampungnya dia sendiri yaitu di Kampung Long Hubung Ulu Kecamatan Long Hubung Kabupaten Mahulu, Prada Herlambang mendapat amanah dari Danramil Kapten Inf Sudarsono mengerjakan demplot pertanian seluas lahan 1 hektar.

Rencana kedepan demplot itu akan dijadikan contoh pertanian dikampungnya sendiri Kampung Long Hubung dan akan diserahkan kepada petinggi yang akan dirawat bersama-sama oleh masyarakat sekitar.

Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, S.I.P., M.Si melalui Kapenrem 091/ASN Mayor Arh Azrul Azis, Rab menjelaskan Prabinsa adalah ujung tombak dan sebagai garda terdepan prajurit TNI AD yang berada dikewilayahan, harapannya dapat mampu memberikan warna yang baik, apa lagi masih muda sehat dan mempunyai kemampuan teknologi diera seperti sekarang ini.

“Berbekal ilmu yang baru diajarkan dari pendidikan, Prada Herlambang pasti mampu mengaplikasikan di medan yang sesungguhnya seperti sekarang ini dia mengoprasikan kendaraan Zonder untuk membajak tanah demplot TMMD ke-110 Kodim 0912/Kubar.

Harapan saya mudah-mudah desa yang berada diperbatasan ini bisa berkembang maju seperti kota-kota lainnya dan adanya TMMD Kodim 0912/Kubar dapat memberi manfaat masyarakat Kampung Long Hubung.

Demplot yang dikerjakan saat ini semoga nantinya menjadi percontohan masyarakat dan dapat dikembangkan menjadi lebih besar lagi,” tutupnya.**Sumber Dim 0912/Kbr.