Kesbangpol Surakarta Bersama Kemhan Sosialisasikan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN)

SOLO – INFODESANEWS, Dalam rangka membangun kesadaran Bela Negara pada masyarakat sejumlah organisasi kemasyarakatan di Kota Solo, Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI menggelar Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara, di Ballroom Solia Zigna Hotel, JI. Dr. Rajiman No 525 Laweyan, Surakarta pada Rabu (28/2/2024).

Bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Surakarta Sosialisasi dihadiri Direktur Bela Negara Dirjen Pothan Kemhan RI Brigjen TNI G. Eko Sunarto, S.Pd., M.Si., beserta jajarannya.

Brigjen Eko mengatakan sosialisasi kali ini menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN), Pekerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Perusahaan Swasta serta Organisasi Kemasyarakatan.

“Bela negara harus dikembangkan di setiap lingkup pekerjaan. Bela negara tidak hanya tentang mengangkat senjata, melainkan berjuang dan berprestasi dengan cara masing-masing pada bidang yang digeluti,” terangnya.

Sosialisasi bela negara adalah proses atau upaya untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan keterlibatan masyarakat dalam mempertahankan keutuhan, kedaulatan, dan keamanan negara. Tujuan utamanya adalah untuk membangun semangat kebangsaan, rasa cinta tanah air, serta kesadaran akan tanggung jawab setiap warga negara terhadap negara dan bangsa.

“Melalui sosialisasi ini, masyarakat diharapkan dapat memahami pentingnya menjaga stabilitas dan kedaulatan negara serta berperan aktif dalam berbagai upaya pembangunan dan perlindungan terhadap negara,”ujarnya. (Redslo)