Keberhasilan KB Dapat Wujudkan Keluarga Berkualitas

INFODESA54 views

PATI – PJ Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menghadiri pelayanan KB dalam rangka TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu yang merupakan rangkaian HUT TNI ke-77 tahun 2022.

Turut hadir PABANDYA BAKTI TNI Kodam IV/DIP, Dandim 0718 Pati, Kepala Dinsos P3AKB, Kepala Dinas Kesehatan, Camat Margoyoso, Kapolsek Margoyoso dan Direktur RSI Pati, Kamis, (29/9/22).

PJ Bupati menyampaikan apresiasi kepada Dandim 0718/Pati dan Direktur RSI Pati beserta seluruh jajarannya sehingga terselenggara Pelayanan KB dalam rangka HUT TNI ke-77.

“Seperti kita ketahui bersama, permasalahan kependudukan merupakan sebuah problematika yang kompleks sehingga dibutuhkan koordinasi dan kolaborasi dari seluruh pihak,” ujarnya.

Untuk itu, Henggar menyambut baik kegiatan ini sebagai wujud sinergitas antar seluruh elemen masyarakat mencakup TNI, Pelayanan Kesehatan bersama Pemerintah Daerah dalam rangka pengendalian laju pertumbuhan penduduk.

Henggar mengungkapkan keberhasilan pelaksanaan program KB juga telah terbukti berpengaruh besar dalam membentuk keluarga yang berkualitas, bahagia serta sehat secara fisik dan mental.

Lebih lanjut Pj Bupati mengatakan secara makro suksesnya pengendalian pertumbuhan penduduk dapat bermuara pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan menurunkan angka kemiskinan.

BACA JUGA  Kapal Patroli, Satpolairud Polres Jepara Gelar Tabur Bunga di Laut

“Sementara di lain sisi, kegagalan program KB di beberapa daerah kerap kali berdampak pada kegagalan sektor kehidupan lainnya seperti ekonomi, pendidikan hingga kesehatan,” imbuhnya.

Untuk itu mengingat besarnya manfaat yang ditimbulkan dari program ini, Henggar mengimbau agar seluruh komponen masyarakat dapat berpartisipasi, mengintervensi dan turut ambil bagian dalam menyukseskan program KB.

“Sehingga apa yang kita upayakan bersama pada hari ini dapat turut mendukung terwujudnya Visi Indonesia Emas Tahun 2045 dalam menciptakan generasi penerus yang produktif dan berkualitas,” tambahnya.

Sementara itu Dandim Pati/0718 Catur Irawan berharap dengan terselenggaranya pelayanan KB MOW, IUD dan implan serta KB lainnya dapat menentukan kualitas keluarga. Penggunaan KB, lanjut Dandim dapat menyelamatkan kehidupan perempuan serta meningkatkan status kesehatan ibu terutama dalam mencegah kehamilan yang tidak diinginkan memberi jarak kelahiran mengurangi resiko kematian bayi.

“Perlu diketahui pelaksanaan pelayanan KB TNI manunggal bangga kencana kesehatan terpadu Kabupaten Pati tahun 2022 sudah dimulai tanggal 1 Agustus 2022 dan puncaknya pada tanggal 30 September besok hasil yang dicapai sampai dengan tanggal 29 September 2022 sejumlah 7.004 akseptor,” tandas Dandim.(@Gus)