Kawasan Hutan Di Cek Patroli Gabungan, Begini Himbuan Penting ke Masyarakat

INFODESA119 Dilihat

PATI – Polsek Tlogowungu melakukan patroli gabungan bersama perhutani BKPH Regaloh di beberapa kawasan hutan wilayah hukum Kecamatan Tlogowunggu, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah.

Hal tersebut, merupakan dalam rangka antisipasi tindakan pidana pencurian hasil hutan dan karhutla (Kebakaran hutan dan Lahan) pada hari jumat tanggal 6 oktober 2023 pukul 15.00 s/d 17.00 Wib.

“Lebih lanjut, Kapolsek IPTU Munjahid S.H, M. H menyebut, bahwa dalam hal ini sudah dilaksanakan koordinasi di masing- masing Kepala Satuan baik Polsek Maupun dari Perhutani.

Maka dalam kegiatan patroli tersebut, kami memang menggunakan SPM sebanyak 20 unit motor di wilayah hutan rawan akan pencurian kayu maupun lahan hutan yang potensi tinggi terjadi kebakaran.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Polisi Periksa Pelapor dan Terlapor Dugaan Perundungan Siswi di Bandar Lampung

Pesan himbuan penting ke masyarakat sekitar untuk tidak membakar sampah, daun maupun kayu – kayuan dan mengingatkan untuk cuaca panas hari ini cukup extrim.” dikemudian nanti, apabila ditemukan titik api sekecil apapun untuk segera dilaporkan ke yang berwenang seperti Kepolisian maupun Perhutani”, kata IPTU Munjahid, S.H, M.H.

Wakapolsek Tlogowunggu IPTU Sudiyanto S.H menambahkan, untuk rute patroli terutama RPH Regaloh, RPH Pasucen, RPH Pakel RPH Guwo dan RPH Sumbermulyo.” tetapi lebih waspada lagi memang terkait cuaca hari ini begitu extrim panas sekali.

Sebab, antisipasi wilayah harus diutamakan, karena maksud dan tujuan patroli gabungan tersebut adalah sebagai pencegahan terjadinya tindak pidana di kawasan hutan dan untuk pencegahan kebakaran di wilayah”, imbuh Wakapolsek Tlogowunggu diwawancaraia wak media, Minggu (8/10/23).

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Diduga Terpeleset Bocah Di Candipuro Ditemukan Tewas Tenggelam

“Ditempat lokasi, Waka ADM Pati Joko Wahono menjelaskan ada beberapa fator terjadinya kebakaran hutan terutama lalai dalam pengawasan dan membakar lahan tidak tahu situasi wilayah.

Seperti cuaca panas seperti ini, kita membakar  lahan di wilayah hutan harus ijin terlebih dulu dan antisipasi harus menyiapkan unit armada  jika mau membakar lahan perhutani terutama pemadam kebakaran agar mencegah merambatnya api ke lokasi lain.

Semua itu, merupakan tindakan nyata dalam melindungi hutan dan jangan sampai kita berurusan ke pihak berwajib.” ayo bersama- sama menjaga dari kejahatan di sekitar wilayah, hutan terlindungi,masyarakat makmur sejahtera.” tegas Waka ADM Pati Joko Wahono. (@Gus Kliwir)