Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Khabib Mahfud S.Ip, MM Hadiri Peringatan HUT UU No.5 Tahun 1960

SAMARINDA.INFODESANEWS – Upacara Peringatan HUT ke – 62 UU No 5 tahun 1960 tentang peraturan dasar pokok pokok Agraria ( UUPA) TA. 2022 dilaksanakan di halaman kantor Kantor Wilayah Pertanahan Nasional Prov. Kaltim jl. M.Yamin No.14 Gunung Kelua kota Samarinda Kaltim, Senin (26/9/2022).

HUT ke 62 UU No.5 tahun 1960 tentang peraturan dasar pokok pokok Agraria ( UUPA) TA. 2022 yang seharusnya tanggal 24 September tetapi dilaksanakan tanggal 26 September karena tanggal 24 September hari Sabtu/libur, juga dilaksanakan setiap tahunnya.

Upacara ini juga mengusung tema  “Kementrian Agraria dan Tata Ruang dan Pertanahan Cepat, Berkualitas dan Tangguh”. Akan mempercepat pelayanan pendaftaran kepemilikan tanah secara online

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si, membacakan amanat Menteri ATR BPN mengatakan “Tanah sebagai karunia Tuhan merupakan kebutuhan dasar dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, Pasal 33 Ayat (3) Undang-Undang Dasar menyatakan bahwa “Bumi dan air dan kekayaan alam yang ada di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Sebagai tindak lanjut dari amanat Pasal 33 Ayat (3) tersebut maka pada tanggal 24 September 1960 diterbitkan Undang- Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok- Pokok Agraria, atau sering disebut dengan UUPA, yang setiap tahun kita peringati sebagai Hari Agraria Nasional”.

Semangat dan program Kementrian ATR BPN yaitu Percepatan PTSL, penyelesaian mafia tanah, dukung pembangunan IKN.. Jika masih ada mafia tanah mari sama-sama kita “gebuk bersama”, sinergitas Kementrian ATR BPN, Pemda, penegak hukum didaerah sangat diperlukan”,jelasnya.

BACA JUGA  Pemdes Sinar Pasemah Salurkan BLT DD Tahap III Tahun 2022

“Mengapresiasi pemda yg membebaskan bphtb kepada masyarakat yg tidak mampu dalam penerbitan PTSL sehingga masyarakat dapat menerima sertifikat gratis. Mengapresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemda yg telah bekerja keras ikut menyukseskan program Kementrian ATR BPN. Semoga pada perayaan HUT Agraria tahun ini kita mampu Mewujudkan pelayanan terbaik kepada masyarakat’, ucapnya.

Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Khabib Mahfud S.Ip, MM  mengatakan “Saya mengucapkan selamat merayakan Hari Agraria dan Tata Ruang kepada seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN, semoga dengan momentum peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional kali ini kita wujudkan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan Bangsa dan Negara tercinta serta apa yang kita lakukan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah untuk banyak orang”.

Acara juga dirangkai dengan penyerahan Satya Lancana Karya Satya 30, 20 dan 10 tahun oleh Wagub Hadi Mulyadi dan penyerahan Surat Hak Atas Tanah. Usai upacara, Wagub Hadi Mulyadi didaulat untuk meresmikan Pojok Inovasi dan melakukan IKN Podcast BPN Kaltim dan menjadi episode pertama.

Tampak hadir Kepala ATR/BPN Kaltim Asnaedi, Kepala Kanwil Kemenkumham Kaltim Sofyan, Kapolres Samarinda Kombes Pol Ary Fadli dan undangan lainnya.(Mur)*