Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Khabib Mahfud, S.IP., M.M Hadiri Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Gubernur Kaltim

NASIONAL82 views

SAMARINDA.INFODESANEWS – Mewakili Gubernur Kaltim, Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah Diddy Rusdiansyah Anan Dani dan Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Khabib Mahfud, S.IP., M.M,  beserta jajaran Forkopimda Kaltim mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, Sabtu 1 Oktober 2022.

Upacara peringatan tahun ini bertema Bangkit Bergerak Bersama Pancasila digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kaltim diikuti pasukan apel dari kesatuan TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara, organisasi kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan.

Upacara berlangsung 15 menit dimulai tepat pukul 08.00 Wita, diawali mengheningkan cipta dipimpin inspektur upacara, dlanjutkan pembacaan teks Pancasila dan diikuti seluruh peserta upacara, pembacaan naskah pembukaan UUD 1945, pembacaan ikrar oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim HM Samsun dan apel diakhiri pembacaan doa.

Diddy Rusdiansyah menegaskan Pancasila wajib dijaga, dipertahankan, dipahami dan diimplementasikan oleh segenap anak bangsa Indonesia, terutama generasi muda penerus bangsa.

BACA JUGA  Jawab Tudingan Miring, Kabareskrim : Kematian Brigadir Yoshua Aja Mereka Tutupi

“Idiologi Pancasila yang dimiliki bangsa kita, jauh lebih baik dibandingkan idiologi-idiologi bangsa lain di dunia,” ucapnya.

Pancasila sebagai idiologi dan falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menurut dia, dijabarkan dalam butir-butirnya sangat jelas mengandung inti sari kehidupan dan tata laksana pemerintahan bangsa.

Sedangkan Kasrem 091/ASN, mengatakan Pancasila sebagai ideologi Negara yang menjadi alat pemersatu bangsa dan menjadi pedoman hidup serta keutuhan negara.

Bangsa Indonesia sangat besar, bermacam-macam suku bangsa dan  adat-istiadat. Begitu banyak warna dengan luas wilayah negara dengan bahasa tetap menjadi satu.

“Kewajiban kita sebagai generasi muda dan penerus untuk menjadikan Pancasila sebagai alat pemersatu, sehingga kita semua bisa hidup nyaman di NKRI,Itu yang paling penting,”Tuturnya.(Mur)*