Kapolres Rembang Hadiri Peresmian Kampung Siaga Covid-19 di Desa Kumendung

INFODESA223 Dilihat

REMBANG, INFODESANEWS – Kapolres Rembang menghadiri acara peresmian kampung siaga Covid-19 di Desa Kumendung dengan Slogan Desa ‘Kumendung Matoh’ semua ini telah dikukuhkan sebagai kampung siaga Covid-19 pada Sabtu (13/6/2020).

Selama acara peresmian atau pengukuhan secara simbolis dilakukan oleh Kapolres Rembang AKBP Dolly A Primanto di Taman Kontrasepsi Desa Kumendung Kabupaten Rembang.

Selain itu, Desa Kumendung dipilih menjadi salah satu kampung Siaga Covid-19 karena beberapa pertimbangan, antara lain, masyarakat setempat selama ini dinilai mampu menjaga situasi Kamtibmas.

Kemudian, desa tersebut memang dianggap mampu menerapkan disiplin kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dan sudah beberapa bulan dilakukan oleh masyarakat sejak ada pengumuman pandemi.

Disinilah, warga masyarakat desa Kumendung juga sadar dan disiplin dalam hal jika keluar rumah selalu memakai masker, patuh jaga jarak 1 meter, menghindari kontak langsung seperti salaman, dan membatasi penggunaan transportasi umum.

Jika merasa tidak sehat masyarakat secara sadar diri menjalankan isolasi mandiri dirumah serta selalu mengikuti panduan resmi seperti menghindari kerumunan dan selalu cuci tangan memakai sabun.

Pada kesempatan ini, AKBP Dolly A Primanto sekaligus mewakili Bupati Rembang dan Dandim, didampingi oleh Camat Rembang, Kapolsek dan Danramil Rembang, sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh desa Kumendung dan berharap menghimbau untuk diikuti oleh desa lainya sebagai role model.

“Saya juga melihat sendiri, dari beberapa kesadaran disiplin masyarakatnya, mulai dari anak kecil jaga jaraknya telah dilakukan, tempat cucian tangan masing-masing rumah juga ada tentunya sesuai SOP protocol kesehatan”. tandas Kapolres yang telah memperoleh reward dari Polda Jateng berupa “The Top Crime Clearence” ini.

Lebih lanjut, Kapolres berkata bahwa nantinya apabila daerah Rembang diberlakukan New Normal karena sedang menuju New Normal, Desa Kumendung menjadi salah satu nominasi akan berusaha disampaikan kepada pimpinan dan pemerintah pusat.

Bahwa Desa Kumendung sangat mendukung program Pemerintah Pusat.” hal sama pun disampaikan Kepala Desa Kumendung Dwi Handayani saat dikonfirmasi awak media tv10newsgroup.com dikantornya pada hari Sabtu (13/06/2020) berkata untuk masyarakat menanggapi adanya wabah pandemi ini, sudah sama-sama saling menjaga satu sama dengan yang lainya.

“Jadi semua aturan protokol kesehatan, maklumat Kapolri, himbauan Pemerintah itu memang benar-banar kita lakukan, dan kehidupan normal baru memang sesuai protocol kesehatan sudah menjadi semacam budaya di masyarakat kami”, jelas Dwi Handayani.

Disinggung mengenai Slogan Kumendung Matoh, menurut Dwi, adalah sebuah konsep sekaligus doa untuk desa untuk masyarakat Kumendung pada umumnya.

MATOH merupakan singkatan dari Makmur Aman Tentram Optimis dan Harmonis, dengan adanya pandemi Covid-19 masyarakat juga selalu optimis menghadapi pandemi Covid-19, lalu menjadi kekuatan dan doa agar wabah bisa cepat berlalu.

Di kabupaten Rembang, terutama Desa Kumendung merupakan desa ke 48 dari desa yang telah mengukuhkan diri sebagai kampung Siaga Covid-19, maka untuk hal ini masing-masing desa mempunyai karakteristik tersendiri.

Seperti desa Kumendung yang memiliki karakter terlihat masyarakat telah siaga dari awal, dari anak kecil hingga orang tua masyarakat peduli sadar diri menggunakan masker,”pungkasnya. (rh, mz, hk)

Berita Terkait

Baca Juga