Kampung proklim kalitan kembangkan budidaya tanaman obat

INFODESA149 Dilihat

SUKOHARJO, INFODESANEWS – Kampung proklim kalitan terbentuk bulan november 2017 yang terletak di kecamatan kartasura kabupaten sukoharjo. Kampung tersebut berawal dari intruksi bapak bupati sukoharjo untuk membentuk kampung proklim di setiap desa. Atas dasar itulah warga kalitan kartasura serentak merespon dengan baik untuk membentuk kampung iklim dengan swadaya masyarakat.

Di kampung proklim kalitan ini di kembangkan beberapa program yaitu adanya pengembangan dan budidaya tanaman obat yaitu atas kesadaran warga kalitan rumah dan pekarangan warga di sulap menjadi apotik hidup yaitu di tanami berbagai jenis tanaman obat herbal yang jenisnya sudah mencapai ratusan yang tentunya mempunyai kasiat yang berbeda dan bermacam-macam jenisnya. Seperti pengembangan dan pembibitan pohon bidara yang banyak mempunyai khasiat seperti obat sakit perut dan melancarkan pencernakan, dan bisa di buat produk herbal seperti serbuk teh dan sabun bidara.

Menurut ibu kusnarti sebagai pelopor proklim kalitan, potensi tanaman obat di proklim kalitan ini sangat luar biasa, di dukung respon masyarakat yang tinggi dan ketersediaan lahan yang mendukung tentunya sangat cocok untuk mengembangkan budidaya tanaman obat, kedepannya nanti kita mau bikin katalaog tentang jenis tanaman obat dan fungsinya agar masyarakat tahu dan mengerti dari manfaat tanaman obat yang mereka tanam. Tuturnya.

Selain budidaya tanaman obat di proklim kalitan ini juga menawarkan adanya progam bank sampah yang bertujuan untuk mengelola sampah rumah tangga menjadi  bernilai ekonomis di mana sampah non organik akan di jual ke bang sampah dalam bentuk tabungan. Sedangkan sampah organik akan di buat pupuk kompos. Di proklim ini juga di dukung sumber daya alam yang luar biasa yaitu adanya sumber mata air sendang dan sungai yang alami di mana kedepannya akan di bikin arena bermain anak dan tempat outbond dengan harapan bisa menarik wisatawan yang berkunjung ke proklim kalitan ini. (Agung/yn)