Kadis P2KUKM Apresiasi TGC Gencar Rapid Tes di Pasar

INFODESA88 Dilihat

SULSEL(LUTRA), INFODESANEWS – Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (P2KUKM) Drs. H. Kasrum Patawari, M.Si dan Camat Sabbang Sitti Kidar di wakili Sekretaris Kecamatan Sabbang, Yuyu Wahyuddin, SE mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Tim Gerak Cepat (TGC) kewaspadaan Covid-19 Dinas Kesehatan Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai komitmen guna tetap menjaga daerah yang berjuluk Bumi Lamaranginang.

“Saya berterimakasih atas apa yang sudah dilakukan oleh TGC Dinas Kesehatan ini, untuk kewaspadaan dan pencegahan perlu keterlibatan semua pihak dan berkoordinasi secara baik guna menjaga daerah dari sebaran virus corona dengan cara melakukan rapid tes corona di setiap pasar tradisionil untuk mendeteksi masyarakat Lutra daerah kita ini,” tutur Kadis P2KUKM Kasrum Patawari didampingi Sekcam Sabbang Yuyu Wahyuddin, pada media ini, Minggu (21/6/2020) di Pasar Rakyat Sabbang.

Dengan rapid tes corona dipasar rakyat Sabbang, ini untuk kewaspadaan dalam sebaran infeksi Novel Coronavirus (COVID-19) dan yang sempat dirapid tes sebanyak 197 orang dan 3 orang reaktif.

Sementara itu Camat Sabbang Sitti Kidar melalui Sekcam Sabbang Yuyu Wahyuddin, sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan TGC Dinas Kesehatan (Dinkes) bahwa tim TGC melakukan langkah strategis guna pencegahan sebaran virus corona di Lutra.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Berikut Total Rancangan APBD Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2020

“Sementara Kepala Unit Pengelola Tehknis (UPT) Puskesmas Sabbang Jamaluddin, S.Kep mengatakan bahwa ini perlu ada rapid tes pada masyarakat terus dan perlu dilakukan di setiap pasar dan area publik, guna pencegahan sebaran virus corona, dan kita para medis terus membangun kepercayaan diri petugas di lapangan untuk melayani masyarakat dan tidak perlu khawatir yang berlebihan dalam upaya kesiapsiagaan Covid-19, namun kita juga tetap waspada dan melayani sesuai SOP yang ada,” terangnya..

Selanjutnya terus menerus mengimbau secara massif pada masyarakat baik itu pedagang, pembeli/pengunjung pasar dan di area publik tentang upaya pencegahan Covid-19, seperti yang dilakukan hari ini di pasar Rakyat Sabbang maupun melalui Media Cetak dan Online serta media sosial pada akun resmi FB, IG Dinkes dengan menghimbau, makan dengan Gizi yang seimbang, rajin Olahraga dan istirahat yang cukup, jaga Kebersihan Lingkungan, jaga jarak dan selalu gunakan masker dan bila batuk tutup mulut dengan tangan, perhatikan banyak minum air yang dimasak.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Warga Akan Gelar Hajatan Dapat Edukasi Dari TNI/Polri

“Makan makanan yang di masak sempurna dan bebas dari pestisida dan bila demam atau sesak nafas segera ke Puskesmas terdekat serta jangan lupa berdoa,”pesan Kepala UPT Puskesmas Sabbang Jamaluddin.

Sementara di tempat terpisah Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Lutra I Komang Krisna yang juga ikut merapid tes corona di pasar Sabbang, menyampaikan bahwa jumlah yang di rapid tes di pasar Rakyat Sabbang ada 197 orang dan 3 orang reaktif hari ini.

“Di pasar Bungadidi Kecamatan Tana Lili ada 7 orang reajtif, jadi di pasar Rakyat Sabbang 3 orang reaktif dan dua padar rakyat yang kami telah lakukan jumlah 10 orang reaktif,”ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Lutra.

Untuk kita ketahui TGC Dinas Kesehatan akan terus melakukan rapid tes corona di semua pasar yang ada di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Lutra.

Hadir dalam rapid tes corona di Pasar Rakyat Sabbang adalah Kadis Kesehatan, TNI, Polri serta tokoh masyarakat Andi Suriadi. (yustus)