Jelang Ramadhan 1442 H, IDI Cabang Lamsel Ciptakan Generasi Sehat

INFODESA105 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS – Ikatan Doktor Indonesia (IDI) cabang Lampung Selatan, menggelar bakti sosial dengan melakukan sunatan massal dan pengobatan gratis yang dipusatkan di SD Negeri 01 Sidodadi Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. Sabtu (10/4/2021)

Ketua Ikatan Doktor Indonesia (IDI) cabang Lampung Selatan, dr, Wahyu Wibisono, mengatakan kegiatan ini salah satu wujud kepedulian dan pengabdian kami dalam hal ini IDI Lampung Selatan. Untuk menciptakan generasi muda yang sehat dan membantu meringankan beban para orang tuanya yang kurang mampu, setidaknya terdapat 33 anak yang di khitan.

“Mudah-mudahan baksos khitanan massal bisa memberikan manfaat yang baik kepada peserta khitan. Dan anak-anak yang dikhitan dapat menjadi anak-anak yang Sholeh berperan aktif dalam membantu pembangunan guna kemajuan bangsa,” katanya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Satreskrim Polres Lampung Selatan Ringkus Satu Pelaku Pencurian Sepeda Motor

Selain itu kegiatan bakti sosial ini juga dalam rangka Hari peringatan Tuberkulosis (TB) sedunia atau World TB Day 2021 yang jatuh pada 34 Maret 2021 sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H dengan tema “Ramadhan Sehat Bersama IDI”

“Dimana setiap Tanggal 24 Maret ditetapkan sebagai Hari TB Sedunia karena bertepatan dengan ditemukannya bakteri penyebab TB oleh Dr. Robert Koch pada 1882. Penemuannya ini membuka jalan untuk diagnosis dan penyembuhan TB di seluruh dunia.

“EliminasiTuberkulosis Salah satu upaya terobosan yang dilakukan adalah gerakan temukan obati sampai sembuh atau TOSS-TB yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan dimaksudkan agar elliminasi tuberkulosis dapat tercapai di Indonesia sebelum tahun 2030.”jelas Wahyu.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Heboh Nobar Debat Capres Bersama Gemoy Konco Yasinan

Sementara itu, Camat Sidomulyo, Rendy Eko Supriyanto, mengatakan pihaknya mengapresiasi atas kegiatan sunatan massal tersebut. Ia menilai kegiatan itu sangat membantu warga yang kurang mampu untuk bisa mengkhitankan anaknya secara gratis, sekaligus juga membantu program pemerintah.

“Mudah-mudahan melalui program seperti ini akan didapatkan nilai-nilai yang positif bagi pelaksana maupun masyarakat.”kata Rendy.

Hal yang sama disampaikan kepala desa setempat, Sigig Edi Lukman. “Kami atas nama pribadi dan seluruh masyarakat desa sangat mengapresiasi kegiatan khitanan massal ini dan mengucapakan banyak terimakasih kepada semua pihak khususnya IDI cabang Lampung Selatan, yang memprakarsai kegiatan ini dapat berjalan sukses.” pungkas Sigig. (red)