Jelang Pemilu, Babinsa Tanjung Tengah Hadiri Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP Pemilu 2024

INFODESA, NASIONAL150 Dilihat

PENAJAM, INFODESANEWS –  Babinsa Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/PPU Sertu Heri hadiri rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran (DPHP) Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 tingkat Kelurahan, yang bertempat di Aula Kelurahan Tanjung Tengah Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Selasa (09/05/2023).

Usai ikuti rapat tersebut Sertu Heri menjelaskan,”Adapun tujuan pemutakhiran untuk melindungi hak pilih warga negara Indonesia dalam menyelenggarakan pemungutan suara, dan mempersiapkan distribusi logistik surat suara serta kelengkapan pemungutan suara.

Hasil rekapitulasi pemutakhiran tingkat kelurahan/desa akan dilakukan oleh PPS, tingkat kecamatan dilakukan oleh PPK, sedangkan tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan dilakukan oleh KPU,”jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, rapat pleno dilakukan dengan cara musyawarah untuk mufakat. Dengan demikian, rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap berarti rapat yang dilakukan untuk menetapkan hasil akhir Daftar Pemilih yang dilakukan sebagai bagian dari proses Pemilu 2024.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Pilkades PAW Desa Beringin Kencana Masuk Tahap Penelitian Berkas Balon

Dandim 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandi saat dikonfirmasi media menjelaskan bahwa, kehadiran para Babinsa dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutahiran (DPHP) karena sebagai mitra kerja antara Babinsa dengan Pemerintah Desa/Lurah setempat.

Selain itu, kehadiran Babinsa untuk mengetahui data pemilih diwilayah binaannya masing-masing. Sebagai data bahan laporan secara berjenjang Babinsa kepada Danramil selanjutnya ke Dandim.

Terkait penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024 menurut Dandim, pihaknya tetap menjaga netralitas TNI. Para Babinsa siap bersinergi dengan aparat Pemerintah Desa/Lurah dan Bhabinkamtibmas dalam rangka menciptakan Kamtibmas yang sejuk, aman serta nyaman selama pentahapan pelaksanaan Pemilu.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Kapolri dan Panglima TNI Cek PPKM Darurat Serta Vaksinasi di Jatim

“Kami TNI bersinergi bersama semua pihak mengawal dan menciptakan suasana Kamtibmas yang sejuk, aman dan nyaman guna suksesnya Pemilihan umum yang jujur dan adil”, tegas Letkol Inf Arfan.

Rapat pleno terbuka digelar oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Tanjung Tengah tersebut dihadiri oleh, Ketua PPK Diandra, Ketua panitia PPS M.Padli J,Sekretaris PPS Ayu S,Bendahara PPS Muslimin, anggota PPS Agus Candra, Sekretariat PPS Afrina, Lurah Tanjung Tengah Syaiful Bahri, Babinsa Sertu Heri, Bhabinkamtibmas Aipda Ali M serta Ketua RT 1,4 dan 9.***