Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia (BI) Purwokerto dan 31 perbankan di Purwokerto Siapkan penukaran Uang

INFODESA146 Dilihat

Purwokerto, Infodesanews.com – Menjelang Idul Fitri 1439 H Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Purwokerto dan 31 perbankan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas membuka pelayanan penukaran uang bersama. Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari ini Senin (28/5) sampai 7 Juni di area Gedung Bakorwil III Purwokerto.

Kepala Unit Pengawasan Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, dan Keuangan Inklusif (UPSP, PUR, dan KI) Kantor Perwakilan BI Purwokerto Muhamad Sagerrudin saat membuka kegiatan “Semarak Idul Fitri 1439 H” di area Gedung Bakorwil III Purwokerto, Senin (28/5) mengatakan penukaran uang tahun ini ditangani oleh 32 bank.

“Kami menyiapkan sembilan loket penukaran, tiga di antaranya loket cadangan, sehingga yang dibuka sebanyak enam loket untuk melayani masyarakat yang akan menukarkan uang jelang hari raya Idul Fitri 1439 H,” katanya.

Menurutnya, kegiatan yang mengusung tema “Semarak Idul Fitri 1439 H – Rayakan Idul Fitri Bersama Keluarga dengan Uang Baru” itu, digelar mulai hari ini Senin 28 Mei kemudian 30-31 Mei, dan 4-7 Juni 2018. Khusus untuk hari pertama kegiatan, pihaknya menyiapkan uang Rp 13 miliar yang terdiri atas berbagai pecahan mulai dari ribuan sampai puluhan ribu.

“Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan karena biasanya pada hari pertama, jumlah warga yang melakukan penukaran membeludak,” tambahnya.

Uang sebesar Rp 13 miliar tersebut selanjutnya diserahkan kepada perwakilan perbankan yang terlibat dalam kegiatan penukaran untuk dijadikan sebagai modal penukaran.

Pada setiap penukaran pihaknya membatasi jumlah uang yang ditukarkan maksimal sebanyak Rp 8 juta per orang dalam satu hari.

“Dari total Rp 8 juta itu terdiri atas pecahan Rp 20 ribu sebanyak Rp 4 juta, pecahan Rp 10 ribu sebanyak Rp 2 juta, pecahan Rp 5.000 sebanyak Rp 1 juta, dan pecahan Rp 1.000 sebanyak Rp 1 juta,” katanya.

Ia mengatakan secara keseluruhan, Kantor Perwakilan BI Purwokerto menyiapkan uang baru sebanyak Rp 3,665 triliun untuk memenuhi kebutuhan perbankan maupun penukaran uang oleh masyarakat menjelang Idul Fitri di wilayah eks-Karesidenan Banyumas yang meliputi Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara.