Jalan Penghubung Dua Desa Rasa “Jalan Tol”

INFODESA150 Dilihat

 

SAMARINDA, INFODESANEWS.COM – Prajurit Satgas TMMD ke 104 Kodim 0913/PPU mengubah hutan di Desa Argomulyo dan Desa Tengin Baru  Kecamatan Sepaku menjadi jalan umum sepanjang 4,7 kilometer lebar 8 meter.

Dandim 0913/PPU Letkol Inf Mahmud mengatakan, jalan setapak, perkebunan masyarakat dan hutan dibuat jalan merupakan bagian dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-104 Kodim 0913/PPU. “Banyak pertimbangan yang sudah dilakukan antara TNI dan Pemerintah Penajam Paser Utara  untuk membangun jalan tersebut,” katanya, Sabtu (9/3/2019).

Ia mengatakan, jalan yang dibangun menghubungkan Desa Argomulyo dan Desa Tengin Baru sepanjang 4,7 kilometer. Sebelumnya, daerah itu terisolasi karena sebelumnya cuma ada akses jalan setapak untuk menuju lokasi tersebut.

“Sebenarnya, lokasi itu berpotensi, tetapi masyarakat yang memiliki lahan di lokasi tersebut enggan untuk menggarap akibat belum adanya akses jalan. Di lokasi tersebut juga ada akses wisata manggrov,” katanya.

Malalui program TMMD, katanya, pemerintah memberikan kepercayaan kepada pihak TNI untuk membangun jalan yang bisa menghubungkan dua Desa.

Lebih lanjut dikatakan, pembangunan jalan di lokasi tersebut dinilai menguntungkan masyarakat karena semenjak ada jalan menuju lokasi tersebut nilai jual tanah sudah mulai naik serta terbuka akses wisata. Selain itu, area yang dahulu lahan tidur dan perkebunan sawit sekarang menjadi lahan produktif untuk perkebunan.

(Murdi/ Infodesa)