Jaga Persatuan Kesatuan, Pesan Bupati Toraja Utara di HUT RI ke-79

NASIONAL586 Dilihat

SULSEL, INFODESANEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara, Sulawesi Selatan, melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79 di lapangan Bakti Rantepao, Sabtu 17 Agustus 2024.

Upacara hari kemerdekaan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Toraja Utara (Torut), Yohanis Bassang yang akrab disapa Ombas, bertindak sebagai inspektur upacara. Dan Ketua DPRD Toraja Utara, Nober Rante Siama sebagai pembaca Teks Proklamasi.

Usai upacara, Bupati Torut Yohanis Bassang menyampaikan bahwa, Kemerdekaan Indonesia bukan hasil pemberian. Melainkan melalui proses perjuangan panjang yang berdarah-darah untuk merebutnya dari tangan penjajah.

” Kemerdekaan ini bukan pemberian dan hadiah, tetapi para pahlawan itu merebut kemerdekaan ini dari kolonialisme,” sebut Ombas (Om Bassang).

Sehingga kita penerus bangsa ini jangan menyurutkan nasionalisme kita, refleksi yang harus kita lakukan seberat mana mengisi kesetiakawanan dengan para pahlawan yang merebut kemerdekaan,” tambahnya.

Menurut Bupati Toraja Utara bahwa, mengisi kemerdekaan dengan kekompakan, kebersamaan dan kesetiakawanan penting untuk dikuatkan kembali sebagai negara yang aman dan damai.

Saran Ombas, cara untuk menghindari keretakan antar sesama satu bangsa itu adalah menghindari berita hoaks yang belakangan ini marak terjadi.

“Hoaks itu meretakkan, membuat kita ragu dan curiga kepada orang lain, makanya pada HUT RI ke-79 tahun negara kita ini, ayo kita memproduksi berita yang merajut kebersamaan, tidak mengoyak persaudaraan, nasionalisme dan Kebhinekaan antara kita,” ajaknya.

Menurut Bupati yang akrab disapa Ombas ini, beredarnya berita hoaks, sangat membahayakan generasi masa depan Indonesia terutama generasi muda.

“Alasannya, tidak  menutup kemungkinan generasi yang biasa mengkonsumsi berita hoaks akan menjadi generasi antagonis.

“Saya bersyukur pada HUT RI ke-79 tahun ini, soliditas, kebersamaan, harmoni dan komitmen untuk saling peduli dan mencintai sebagai satu bangsa semakin kuat di antara kita,” jelasnya.** Benny/Yustus