Inspiratif, Mahasiswa Wirausaha Merdeka UMS 2023 Magang di Perusahaan Eksportir Batik dan Kayu Lapis

KHAZANAH, PENDIDIKAN219 Dilihat

SOLOINFODESANEWS.COM, Dosen Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (Univet Bantara) Salman Faris Insani, SE, MM yang bertugas sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menerjunkan 10 mahasiswa magang peserta WMK UMS 2023 di dua lokasi yang berbeda, yaitu di PT. Abhirama Kresna dan PT. Batik Danar Hadi, (1/9/2023)

Mahasiswa peserta WMK UMS 2023 terbagi menjadi dua kelompok yang terdiri dari Asyfa Ainur Rohmah, Monika Umi Kartika, dan Rani Fitriana yang berasal dari Progdi Ilmu Komunikasi Univet Bantara, serta Nugroho Adi Sutrisno yang berasal dari Progdi Teknologi Pendidikan Univet Bantara yang melaksanakan magang di PT. Abhirama Kresna.

Sedangkan kelompok berikutnya terdiri dari Firyal Nuzulul Fitri, Hamida Ardianto, dan Nurul Fadhilah yang berasal dari Progdi Manajemen UMS, serta Anggie Adilla Charismawati, Dwita Wulandari, dan Vebyana Anggraini yang berasal dari Progdi Akuntansi UMS yang melaksanakan magang di PT. Batik Danar Hadi.

Abhirama Kresna adalah Perusahaan yang bergerak di bidang industri perkayuan dengan produk utama Plywood, Blockboard, dan Barecore. Pasar mereka saat ini 87% di luar negeri seperti Amerika Serikat, Meksiko, Korea, Malaysia, Jepang, Taiwan, dan beberapa negara di Eropa seperti Jerman, Italia, dan Finlandia. Sementara PT. Batik Danar Hadi merupakan salah satu dari tiga besar industri batik di Indonesia yang saat ini memiliki bisnis ekspor yang bertumbuh pesat khusus nya di pasar Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

Manajer HRD PT. Abhirama Kresna, Valdi Akbar Febrian ST, CHRMP berharap dengan adanya kegiatan WMK ke depan dapat melahirkan ide-ide kreatif dan keragaman jenis usaha maupun produk untuk UMKM di Indonesia. Sehingga dapat menambah jumlah wirausahawan maupun menyerap lebih banyak lapangan pekerjaan di masa depan.

Hal senada juga diungkapkan Manajer HRD PT Batik Danar Hadi, Faradina Putri Kusumawardani, S.Psi.  Pihaknya juga berharap mahasiswa yang melakukan kegiatan WMK ini bisa menjadi pengusaha baru, memiliki kematangan dalam memperoleh pengalaman dan ilmu manajemen perusahaan, serta mampu mengembangkan pola fikir mengenai wirausaha sejak dini.

Asyfa Ainur Rohmah, salah satu mahasiswa WMK UMS 2023, mengaku senang bisa ikut magang di PT. Abhirama Kresna. ”Selain pengalaman bekerja, kami  jadi tahu proses pembuatan produk yang ternyata butuh proses yang panjang. Harapannya dari kegiatan ini nantinya pengalaman ini bisa bermanfaat bagi usaha kami di masa depan. Kegiatan ini betul-betul membuka pola pikir kami sebagai wirausaha pemula dan membuat kami yakin akan mimpi-mimpi kami suatu saat akan tercapai,” ujarnya.

Pendapat senada diungkapkan oleh Dwita Wulandari mahasiswa WMK UMS 2023 yang ditemui di sela kegiatan magang. Ia mengaku senang karena lingkungan kerjanya  relative baik. Sehingga sangat mendukung bagi timnya yang saat ini sedang merintis usaha di bidang fashion dengan bahan baku batik.

Program Wirausaha Merdeka 2023 merupakan salah satu bentuk implementasi dari Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh pemerintah. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki ketertarikan terhadap dunia wirausaha untuk dapat mengikuti program wirausaha unggulan dari perguruan tinggi lainnya.

Program ini juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi mahasiswa di bidang wirausaha, memperluas jaringan dan relasi mahasiswa dengan dunia usaha, serta mendukung visi dan misi perguruan tinggi dalam mencetak lulusan yang berkualitas, berdaya saing, dan berjiwa wirausaha. (anto/redslo)