Inspektorat Daerah Blora Sosialisasi SPI Melalui Bidang Pendidikan 

NASIONAL, PENDIDIKAN70 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS | Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan Survei Penilaian Integritas (SPI) Pendidikan 2024. Survei diluncurkan untuk memaksimalkan pencegahan korupsi dari bidang pendidikan.

Inspektorat Daerah Blora, Irfan Agustian Iswandaru menyampaikan, hari ini kita dapat jadwal untuk bulan ramadannya talk show sesuai tupoksi OPD, OPD kita Inspektorat dan kebetulan program tahun ini ada program dari KPK-RI yaitu kegiatan SPI bidang pendidikan survei penilaian integritas bidang pendidikan ini dilakukan se-Indonesia

“Tadi saya sampaikan untuk dijadwal 2024 ini SPI bidang pendidikan di semua kabupaten/kota bidang pendidikan di semua kabupaten kota, pelaksanaannya nanti rencananya bulan Juli sampai September posisi sekarang Maret tentu rapat-rapat persiapan, nanti akhir tahun penilaiannya akan muncul,” ucapnya usai isi gebyar Ramadhan di Alun-alun Blora.

Lebih lanjut, karena sesuai dengan kewenangan kabupaten adalah SD, SMP tetapi untuk sore ini kita fokus kepada SMP, penentuannya nanti dalam sudah jadwal di bulan berikutnya ditentukan satuan pendidikannya mana dan ini yang kita hadirkan adalah SMPN 1 dan SMPN 2 Blora, baik itu dari peserta didik, tenaga guru dan juga kepala satuan pendidikan

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, menurut saya sangat penting karena mempertahankan kondisi integritas ekosistem pendidikan, mulai dari peserta didik, guru pengelola termasuk manajemen pendidikan.

“Jadi diharapkan dari hasil survei penilaian integritas nanti mendapat rekomendasi untuk melakukan langkah-langkah terutama pendidikan karakter, dan pendidikan antikorupsi ke peserta didik,” tuturnya melalui sambungan telepon WhatsApp, Sabtu (16/3/2024)

Lanjutnya, secara khusus anak didik memang belum memahami tapi ini kan terintegrasi ke dalam pendidikan karakter, jadi secara umum sudah disampaikan karena ada materi pendidikan karakter sudah disampaikan 18 item salah satunya kejujuran, integritas, kemandirian itu bagian dari SPI itu.

“Nanti cara khusus kita sosialisasikan, yang kemarin baru disosialisasikan dari KPK terkait SPI tinggal nanti kita tindaklanjuti bersama inspektorat,” ujarnya.

Lebih lanjut, nanti kita undang mulai dari gurunya dulu setelah itu baru disampaikan kepada peserta didik yang SD maupun SMP terutama, nilai-nilai itu yang menyesuaikan peserta didik dengan contoh keteladanan dan lain-lain.***SM/Red.

Berita Terkait

Baca Juga