Inovasi PKM UMS Budidaya Tanaman Obat Keluarga Di Panti Asuhan Bekonang Sukoharjo

NASIONAL, PERISTIWA138 Dilihat
banner 728x90

Kegiatan ini telah berlangsung pada pukul 08.30 – 13.00 WIB yang berlokasi di halaman panti asuhan anak yatim Aisyah Bekonang Mojolaban Sukoharjo. Diikuti oleh 38 peserta warga panti asuhan, 15 pengurus panti dan 23 anak panti asuhan serta 7 orang tim dari UMS.

Dok. Peserta dengan antausias dalam melakukan arahan para dosen pembimbing

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memanfaatkan lahan kosong di halaman yang ada di panti asuhan sekaligus memberikan bekal pengetahuan tentang TOGA kepada anak panti asuhan.

“Panti asuhan ini menampung anak-anak yatim yang berjenis kelamin perempuan yang menempuh pendidikan formal di SMP dan SMA. Oleh karena itu perlu dibekali dengan kreativitas dalam budidaya tanaman, khususnya TOGA. Dengan harapan nantinya setelah keluar dari panti, mereka dapat mengimplementasikan di tempat mereka tinggal,” Jelas Ibu Wartini selaku kepala panti asuhan dalam sambuatannya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Koramil Babulu Bangunkan Rumah Warga Yang Tinggal Ditanggul Sungai

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan disambut antusias oleh warga panti. Mereka semangat dalam mengikuti kegiatan, memperhatikan dengan seksama dan mampu mempraktekkan sesuai arahan.

“Kegiatan ini berlangsung lancar, anak-anak panti asuhan senang dengan adanya kegiatan ini, mereka minta kegiatan ini bisa rutin dilakukan di panti asuhan. Selain itu harapan kami dari tim pengabdian, anak-anak panti mendapatkan bekal pengetahuan dan pemanfaatan TOGA” Jelas Dr. Efri Roziaty, S.Si, M.Si selaku ketua tim pengabdian.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Koramil Kota Bangun Salurkan Program Bantuan BLT Migor

Lebih lanjut Dr, Efri Roziaty menjelaskan, TOGA yang dibudidayakan adalah jenis yang paling sering dikonsumsi sebagai obat sehari-hari dan mudah cara memanfaatkannya. TOGA tersebut antara lain, Kunyit, Jahe, Sereh, Jeruk, Kelor, dan beberapa TOGA lainnya. TOGA tersebut sebagai pertolongan pertama untuk warga panti yang sedang sakit, karena mudah didapat dihalaman panti asuhan, selain itu pengolahan juga mudah sehingga kemandirian Kesehatan bisa diinisiasi dejak dini.

“Semoga dari kegiatan ini dapat lebih meningkatkan pengetahuan tentang TOGA, serta menginspirasi anak-anak panti asuhan tentang pemanfaatan halaman rumah untuk budidaya TOGA. Karena TOGA dapat dimanfaatankan untuk meningkatkan imunitas tubuh selain sebagai obat,”pungkasnya.** Ima Aryani

banner 728x90