oleh

INOVASI KREATIF : Mahasiswa UMS Luncurkan Robot SuryaMu, Bantu Pasien Covid-19

SUKOHARJO–INFODESANEWS.COM, Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) resmi launching robot SuryaMu, di Gedung Siti Walidah UMS, Pabelan Sukoharjo, Sabtu (10/10).

“Robot yang diberi nama Suryamu tersebut berfungsi untuk mengecek suhu badan, detak jantung serta tensi darah, saturasi oksigen, mengirimkan pakaian, mengirimkan obat-obatan, makanan, melihat infus, dan bisa berkomunikasi secara realtime,” ungkap Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si kepada wartawan usai launching.

Kelebihan lain lagi robot ini, lanjut Anif, yakni bisa dioperasikan melalui smartphone. “Hal ini tentunya akan membantu petugas medis yang bertugas di situasi covid-19 seperti sekarang ini. Mereka tidak perlu bersentuhan secara langsung dengan pasien,” ujar Anif.

BACA JUGA  Peringati Hari Santri 2020, MWC NU Kayen Gelar Sepeda Santai Bersarung

Rencananya Robot ini akan diserahkan ke RS PKU Surakarta guna membantu menangani pasien covid-19 yang ada di sana dan akan dievaluasi enam bulan kemudian.

“Iya sementara ini kami tujukan ke RS PKU Surakarta terlebih dahulu karena memang masih awal dan produksinya masih terbatas. Tapi rencananya kedepan akan ada Suryamu seri 2 dan seterusnya sehingga harapannya bisa digunakan di seluruh rumah sakit Muhammadiyah dan institusi kesehatan yang ada di Indonesia. Nanti kami akan bekerjasama dengan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah untuk proses itu,” jelas Sofyan Anif.

BACA JUGA  Riyadi, S.Pd Pimpin PGRI Cabang Karanglewas 2020-2025

Dekan Fakultas Teknik, Ir. Sri Sunarjono, MT., PhD ikut menambahkan, proses pembuatan robot SuryaMu butuh waktu satu bulan dengan biaya penelitian dan pembuatan mencapai Rp 40 juta. (*)

Berita