oleh

Ingin Lestarikan Budaya Lokal, KORPRI Banyumas Gelar Lomba Tradisional

BANYUMAS, INFODESANEWS – Dalam rangka memperingati hari jadinya, Pengurus KORPRI Kabupaten Banyumas menggelar lomba olahraga tradisional Jumat (22/11/2019) pagi di Alun alun Purwokerto. Sebelum mengikuti lomba para peserta melakukan senam kebugaran yang diikuti jajaran Forkopimda Banyumas dan ribuan anggota Korpri.

Bermain Egrang
Dok. Jajaran Forkopimda Banyumas dan ribuan anggota Korpri memainkan permainan tradisional egrang

Ketua Pengurus KORPRI Kabupaten Banyumas, Wahyu Budi Saptono, mengatakan olahraga tradisional dipilih sebagai upaya pelestarian dan menggali kembali budaya lokal. Hal ini sesuai dengan tema yang diusung yaitu Korpri berkarya, melayani dan menyatukan bangsa.

 

“Sebab olahraga tradisional memiliki nilai-nilai persatuan dan kebersamaan di antara para peserta,” kata Wahyu Budi Saptono yang juga Sekda Kabupaten Banyumas ini.

Sementara itu sekretaris Korpri Deskart Sotyo Djatmiko mengatakan permainan atau olahraga tradisional yang dilombakan adalah egrang dan bakiak atau terompah panjang. Kegiatan ini menggandeng Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas. Lomba pun berlangsung meriah karena juga diikuti oleh Bupati Banyumas Achmad Husein selaku Dewan Pembina KORPRI dan ketua tim penggerak PKK Banyumas Ny Erna Husein.

“Kegiatan lomba ini diikuti Korpri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Tingkat Kecamatan,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Banyumas Achmad Husein berharap dengan digelarnya lomba olahraga tradisional ini, para Aparatur Sipil Negera (ASN) yang masih berusia muda bisa mengenal kembali dan melestarikan permainan tradisional. Husein menganggap saat ini banyak generasi muda yang sudah tidak lagi mengenal olahraga serta permainan tradisional tersebut.

“Kita berharap anggota Korpri, ikut membantu mengenalkan kembali permainan tradisional tersebut,” kata Husein.

Berita