Hijaukan Lahan Kosong Sejak Dini, Polsek Sabbang Tanam Pohon Ajarkan Pentingnya Nilai Lingkungan

INFODESA, PERISTIWA84 Dilihat

SUL SEL, INFODESANEWS | Kapolres Luwu Utara AKBP Galih Indra Giri, S.IK, diwakili Kapolsek Sabbang, menggelar penanaman pohon yang memiliki makna lingkungan dan menghasilkan. Tetapi juga membawa pesan kebersamaan yang mendalam.

Dalam upaya untuk memelihara keindahan dan kelestarian alam dan mengajarkan nilai-nilai lingkungan kepada generasi muda, anggota Polsek Sabbang bersama ibu-ibu Bhayangkari menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon dengan tema “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini”.

 

Tema yang diusung oleh kegiatan ini, adalah cermin dari komitmen Polri dan masyarakat dalam menjaga lingkungan, dan mewariskan pesan penting tentang keberlanjutan kepada Generasi mendatang.

Acara penanaman pohon lestarikan Negeri sejak dini dilaksanakan pada Rabu, 23 Agustus 2023, bertempat di Dusun Salama Desa Salama Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Sabbang IPTU Gustan dan Ketua Ranting Bhayangkari dan anggota, Camat Sabbang diwakili, Danramil Sabbang diwakili, Kepala Desa Salama, Warga Desa Salama dan personil Polsek Sabbang.

Iptu Gustan menyampaikan bahwa,” tema Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini mengandung makna yang mendalam, seperti yang kongkritnya untuk mencegah dampak perubahan iklim akibat pemanasan global dan sekaligus mengajak masyarakat dan pemuda-pemudi supaya peduli kelestarian alam,” sebutnya.

Dijelaskan Gustan bahwa, dalam suasana yang penuh dengan harapan dan optimisme, setiap pohon yang ditanam menjadi simbol dari upaya kolektif untuk menghijaukan negeri ini. Lebih dari sekadar tindakan fisik, penanaman pohon juga menjadi wujud nyata dari kerjasama antara Polres Luwu Utara melalui Polsek Sabbang dan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

“Selain memberikan manfaat ekologis, penanaman pohon juga mencerminkan semangat Polisi sebagai pelindung dan pelayan masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, dengan memberdayakan diri untuk berkontribusi dalam upaya penghijauan, Polres Lutra melalui setiap Polsek berperan sebagai teladan yang memimpin perubahan positif. Pesan bahwa upaya kecil dapat memiliki dampak besar bagi lingkungan dan masyarakat menjadi semakin jelas di dalam setiap lubang tanah yang diisi dengan bibit pohon durian otong, langsat dan rambutan.

Seiring dengan pelaksanaan penanaman pohon ini, Polsek Sabbang melibatkan bhayangkari, generasi muda sebagai bagian integral dari peristiwa ini. Dengan melibatkan mereka sejak dini, nilai-nilai lingkungan, kebersamaan, dan tanggung jawab terus ditanamkan dalam benak mereka.

“Ini bukan hanya tentang menanam pohon. Tetapi, juga mengakar kan kesadaran akan pentingnya melestarikan alam bagi masa depan yang lebih baik,” jelas Gustan. (Yustus)