HEBAT, Nabila Putri Kirana Raih Juara 1 Nembang Macapat Tingkat Nasional ; “BERCITA CITA INGIN SEPERTI MAK SOIMAH”

NASIONAL, PENDIDIKAN362 Dilihat

WONOGIRI – INFODESANEWS, Melagukan sebuah tembang macapat memang tidak bisa sembarangan. Karena antara satu tembang dan lainnya memiliki guru lagu, guru gatra, dan guru wilangan berbeda. Namun bagi Nabila Putri Kirania ternyata mampu membuktikan diri Jadi Juara 1 Nembang Macapat Tingkat Nasional BPNB DIY 2020.

Seni budaya Jawa ibarat kata sudah “mbalung sungsum” di dalam diri gadis cilik dari SDN Sambirejo Jatisrono Wonogiri ini. Mengingat sejak kecil, gadis yang masih duduk dibangku kelas VI, ini sudah dikenalkan pada seni budaya yang adi luhung ini. Tak mustahil, di sekolahnya pun dia dikenal cukup cakap dalam hal seni budaya.

Nabila menunjukkan piala dan sertifikat (foto: dok)

Kepada Media ini, Nabila (panggilan akrab-red) mengaku tidak menyangka bisa menjadi juara I tingkat nasional di ajang Lomba Nembang Macapat di BPNB DIY. Apalagi sejak semula, dia tidak pernah menargetkan untuk menjadi yang terbaik. “Saya hanya berusaha tampil sebaik mungkin dan tidak grogi. Alhamdulillah bisa menjadi yang terbaik,” katanya.

Menurut dia, menyanyikan tembang macapat memang tidak sama dengan campursari dan lain sebagainya. Karena di setiap tembang ada cengkok khusus yang harus dikuasai. Beruntung, dia sedikit banyak sudah memahami hal itu dan hanya perlu dipoles sedikit. “Cengkok macapat memiliki kekhasan dan harus dipahami sebelum menyanyikannya,” tambahnya.

Nabila mengaku sangat mencintai dan menggandrungi seni budaya Jawa. Apalagi kesukaannya bermula dari lingkungan keluarga membuatnya tertarik terjun ke dunia ini. “Ini menjadi landasan untuk terus mencintai seni budaya peninggalan leluhur. Bahkan akan terus melestarikannya,” ungkapnya.

Lebih jauh Nabila mengungkapkan bahwa di era modern seperti kini keberadaan seni budaya memang harus terus dipertahankan. Karena ini bisa menjadi benteng maupun pembentuk jati diri. Jadi sejak dini, seorang anak harus diperkenalkan agar tidak kehilangan siapa dia sebenarnya. “Makanya saya juga pengen banget menjadi seniman serba bisa seperti Make Soimah,” harapnya.

Berikut daftar prestasi dan kejuaraan  yang pernah diraih Nabila; Juara 1 Lomba Nembang Macapat Tingkat Nasional BPNB D.I.Y tahun 2020, Juara harapan 2 video kreativitas siswa dinas dan kebudayaan kabupaten Wonogiri tahun 2020, Juara 2 FLS2N Menyanyi Tunggal tingkat kecamatan Jatisrono tahun 2019, Juara 1 MAPSI Macapat Islami kecamatan Jatisrono tahun 2019, Juara 1 MAPSI Macapat Islami tingkat kabupaten Wonogiri tahun 2019, Juara 2 FLS2N Menyanyi Tunggal tingkat kecamatan Jatisrono tahun 2018, Juara 2 MAPSI Macapat Islami tingkat kecamatan Jatisrono tahun 2018, Juara 1 FLS2N Menyanyi Tunggal tingkat kecamatan Jatisrono tahun 2017, Juara 2 MAPSI Macapat Islami tingkat kecamatan Jatisrono tahun 2017.

Tidak hanya itu ia juga berhasil menjuarai kejuaraan Menyanyi yang diraih diluar sekolah ; Juara 1 diya production Kabupaten Ponorogo 2019, Juara 1 diya production Kabupaten Ponorogo 2019, Juara 2 FA production Kabupaten Ponorogo 2019, Juara 2 Erlina Production Kabupaten Ponorogo 2019, Juara 1 Radio Romansa 2019, Juara 3 palur kids singing Palur Solo 2019, Juara 2 Kearsipan Kabupaten Wonogiri 2019, Juara 1 Little Star 2019 Kabupaten Ponorogo 2018.  (herki/aras/*)

 

Berita Terkait

Baca Juga