Hari Ini Gunung Anak Krakatau Tampak Tenang

INFODESA108 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Gunung Anak Krakatau (Gak) mulai menunjukan perubahan yang bagus dari pandangan kasat mata dari Pos pantaun Gak yang berada di desa Argopancuran Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan, yang jaraknya kurang lebih 40 kilometer dari Gak.

Berdasarkan keterangan kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau, Andi Suwandi ketinggian gunung anak krakatau sekitar 100 meter dari ketinggian Air laut.

“Sementara Angin yang berhembus di sekitar perairan Gunung Anak Krakatau mengarah ke Barat atau ke arah Provinsi Banten.”Sejak dua hari terakhir hingga saat ini suasana agak cerah, dan sudah tidak terdengar lagi suara dentuman yang di barengi kilat.”ujar Andi.

Hingga petang Gunung Anak Krakatau hanya terdengar 2 kali letusan dengan mengeluarkan abu vulkanik hingga setinggi 1 Kilometer.

“Pertama terjadi letusan pada pukul 12.00. Wib dengan ketinggian material vulkanik setinggi 1 Km dan kedua pukul 14.00 ketinggian abu vulkanik 700 meter.
“Letusan yang terjadi pada hari Jum,at (28/12) hanya dua kali, ini berdasarkan penglihatan Kasat mata.”Mulai pukul 10.00 wib pagi tadi sudah tak terdengar lagi suara suara tersebut.”kata Andi pada Infodesanews.com. Sabtu (29/12)

Dijelaskan ketinggian Gunung Anak Krakatau sekitar 100 meter dari permukaan Air laut, itu semua di karnakan pada saat pertama terjadi Tsunami telah mengalami kelongsoran sekitar kurang lebih 64 hektar.

“Kalau kondisi ketinggian Gunung Anak Krakatau 100 meter diatas Air Laut kemungkinan kecil akan terjadi erupsi yang dapat menyebabkan tsunami, seperti yang terjadi Sabtu malam lalu.
“Kalau ketingian seperti ini kecil kemungkinan timbulkan tsunami.”terang Andi.

Namun kami tatep menghimbau untuk para nelayan jangan dulu untuk mendekati anak gunung krakatu, di karnakan untuk pada saat ini status GAK masih lefel 3 atau posisi waspada,”pungkas Andi. (Sg/Slmt)