Gunawan Realisasikan Pengecoran Jalan di Dusun Katibung

INFODESA, LIFESTYLE117 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Seiring bergulirnya Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun 2020 Pemerintah desa Sukabanjar Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, realisasikan pembangunan infrastruktur berupa jalan cor.

Penjabat Kepala Desa Sukabanjar, Gunawan, mengatakan, Pembangunan yang mengunakan DD 2021, kami kerjakan sesuai dengan APBDesa yang telah menjadi prioritas dalam kesepakatan pada saat melakukan musyawarah dan sesuai dengan tahapan penerimaan Anggaran,

“Untuk penerimaan anggaran di tahap ke II ini kami laksanakan untuk pembangunan infrastruktur berupa jalan cor di Dusun Katibung sepanjang 100 meter.”kata dia.

Dijelaskan Anggran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) “Selain digunakan untuk pembangunan infrastruktur berupa jalan yang terletak di dusun Katibung, juga untuk penanganan bagi warga yang terdampak Pandemi Covid-19.

“Ada 195 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di desa Sukabanjar yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2021. Selain itu juga digunakna untuk pemberdayaan masyarakat sesuai dengan tupoksinya masing-masing.”jelas Lek Gun sapaan akrabnya.

Menurutya Pembangunan tersebut merupakan salah satu program Desa yang menjadi prioritas. Karena dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, sedangkan pengerjaanya sendiri kami lakukan cara padat karya yang melibatkan langsung masyarakat sekitar. “Saya berharap agar masyarakat dapat menjaga dan merawat pembangunan yang ada dengan cara terus melakukan gotong royong untuk merawatnya.” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Sidomulyo Rendy Eko Supriyanto menjelaskan untuk penggunaan DD tahun depan ada beberapa yang menjadi prioritas.

“Diantaranya, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) seperti mendukung dan membina usaha kecil masyarakat serta penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Dana Desa (DD) juga dapat dianggarkan untuk mitigasi penanganan dan penanggulangan bencana dan non bencana seperti halnya Pandemi Covid-19, saat ini. Tentunya kita juga sedang menunggu juklak juknis program pusat selanjutnya.”kata Rendy.

Rendy juga menghimbau kepad seluruh Kepala Desa agar dapat menjaga kualitas dalam pengerjaanya dan dikerjakan sesuai RAB dan spek.

“Jangan sampai hasil pekerjaanya tidak memuaskan apa yang menjadi keinginan masyrakat.” kata dia saat melaksanakan Trial Jalan Rabat Beton di Desa Sukabanjar, Rabu (1/9/2021)

Diketahui pelaksanaan Trial di Desa Sukabanjar Kecamatan Sidomulyo, selain di hadiri camat juga hadir Kapolsek Sidomulyo, Iptu Hengky Kurniawan dan Pendamping Desa setempat, (Red)