oleh

Gibran Siap Wujudkan Good Governance

SOLO — INFODESANEWS, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menegaskan akan meningkatkan transparansi, kontrol dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah selama ia menjabat. Salah satunya dengan memaksimalkan teknologi digital.

“Penggunaan teknologi seperti e-budgeting, e-catalog dan e-monev akan kami maksimalkan. Sehingga APBD bisa dikelola secara efektif dan efisien. Harus kita tingkatkan transparansi, kontrol dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep good governance (kepemerintahan yang baik),” ujarnya usai dilantik menjadi Wali Kota Solo, Jumat (26/2).

Hal itu, lanjutnya, bisa terwujud dengan adanya big data. Apalagi untuk smart city, peran big data sangat krusial. “Sebab big data memberikan info akurat dan sebagai dasar dalam menentukan keputusan dan langkah-langkah strategis dalam perencanaan pembangunan,” kata Gibran.

Di sisi lain, teknologi juga akan dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing anak muda dan UMKM di Kota Solo. Sehingga agenda percepatan ekonomi di Kota Solo bisa segera terwujud.

“Solo adalah gudangnya anak-anak kreatif, gudangnya anak-anak inovatif selalu ada peluang di tengah kesulitan. Untuk membuka peluang kami akan memperbanyak creative hub dan co-working space agar anak-anak muda di Solo memiliki daya saing dan UMKM bisa naik kelas melalui pemanfaatan teknologi,” ujarnya.

Gibran mengakui, untuk mewujudkan hal itu bukan perkara yang ringan. Karena itu, ia meminta dukungan dari jajaran pemerintah kota dan segenap unsur masyarakat.  “Agar selama masa kepemimpinan kami, kami mampu mengemban amanah dalam membangun Kota Solo menjadi baik,” tandasnya. (*/ismail/herky)