Gibran : “Kalau Ingin Sukses, Jadilah Generasi Muda Kreatif dan Inovatif”

NASIONAL93 Dilihat

SURAKARTA, INFODESANEWS – Gibran Rakabuming Raka dorong para santri untuk berani berwirausaha dan bukan pekerja. Pasalnya, sebagai generasi muda yang kreatif dan inovatif peluang untuk menjadi wirausaha sukses sangat terbuka di era digital saat ini.

“Kalau ingin sukses sejak muda, jangan melamar pekerjaan atau menjadi PNS. Melamar pekerjaan Itu memang nggak salah, tapi sebaiknya bukalah usaha. Manfaatkan kreatifitas dan inovasi kalian,” katanya saat menjadi pemateri di acara talkshow Ngaji Ekonomi Kreatif di Pondok pesantren Al Muayyad Surakarta, Sabtu (26/10).

Menurutnya, menjadi wirausaha tidak serumit yang dibayangkan kebanyakan orang. Karena ide bisnis bisa didapatkan dari hal sederhana yang ada di sekitar. Baik melalui obrolan dengan teman, guru maupun orangtua.

“Jangan juga berpikiran soal kesulitan mencari modal. Kalau sudah ada ide, modal bisa didapat dengan mudah. Baik dengan mengajukan pendanaan dan proposal, maupun mencari partner yang memiliki modal,” jelasnya.

Untuk sukses berwirausaha, dikatakannya ada dua hal yang bisa dijadikan acuan. Pertama soal kemasan dan kedua branding. Jika kedua hal itu bisa dimaksimalkan secara baik, dipastikan usaha yang dijalankan akan diminati konsumen dan dilirik investor.

“Saya dulu memulai usaha saat umur 23 tahun. Dan adik saya Kaesang sebelum usia itu sudah saya dorong untuk membuat usaha. Sekarang terbukti, usaha Sang Pisangnya sudah memiliki 90 outlet,” terangnya.

Dalam acara talkshow tersebut, Gibran bersama dua tokoh lainnya, yaitu Gus Yusuf dan Tyovan Ari Widagdo memberikan materi sesuai bidangnya masing-masing. Acara berlangsung cukup meriah, karena dikemas secara interaktif. (hr)