Gerakan TNI Manunggal Air, Solusi Penuhi Kebutuhan Air Bersih Di Wilayah Kukar

INFODESA126 Dilihat

Kutai Kartanegara. infodesanews.com–   Kasiter Kasrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), Kolonel  Inf Richardo Siregar didampingi Kasdim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr), Mayor Inf Mahfudz hadiri Peresmian 2.664 Titik Air di seluruh wilayah Indonesia oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Maruli Simajuntak, M, Sc. secara virtual bertempat di desa Sabin Tulung RT. 8 Dusun Pasir Putih kecamatan Muara Kaman kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Acara peresmian yang berlangsung pada selasa (30/7/24) dilakukan secara serentak dengan seluruh jajaran TNI-AD melalui video conference dan dilaksanakan terpusat di wilayah Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam acara peresmian 2.664 titik air tersebut Kasad menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran dan stakeholder yang telah mendukung Gerakan TNI AD Manunggal Air tahun 2024.

“Terimakasih banyak atas terlaksananya kegiatan ini, memang di NTT ini ada 400 titik air bersih dan sisanya berada di luar wilayah dengan jumlah keseluruhan ada 2.664 titik air. Dari prasarana pendukung seperti mobil dan lampu solar cell, saya juga nanti evaluasi kembali mungkin kita akan pikirkan untuk buat sanitasi”, ungkap Kasad.

“Kita berkomitmen untuk terus melanjutkan kegiatan-kegiatan bersama dengan masyarakat dan ternyata kita sekarang sudah dapat dukungan dari Pertamina. Mudah-mudahan ini nanti bisa lanjut lagi dan kedepannya kita bisa mengarah untuk air pertanian”, pungkasnya.

Kasiter Kasrem 091/Asn, Kolonel Inf Richardo Siregar saat mengikuti acara peresmian titik air di desa Sabin Tulung kecamatan Muara Kaman juga mengatakan, “Kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan hidayahnya karena kita bisa berkumpul dalam rangka peresmian 2.664 titik air oleh Kepala Staf Angkatan Darat melalui program TNI AD Manunggal Air tahun 2024”.

“Sesuai arahan Kasad, bahwa program ini pada tahun 2024 akan dilanjutkan secara masif di seluruh wilayah NKRI, agar TNI AD dapat menjadi solusi ditengah kesulitan rakyat dalam mendapatkan air yang bersih,” tutupnya.

Selain itu Camat Muara Kaman, Barliang dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada jajaran TNI yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat desa Sabin Tulung berupa sumur bor.

“Dengan adanya sumur bor ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih 80 kepala keluarga yang berada di RT 08 dusun Pasir Putih desa Sabin Tulung kecamatan Muara Kaman”, tuturnya. (Mur)*