Gelar Ziarah Bersama Awali Rangkaian Hari Jadi Ke 270 Kabupaten Blora

NASIONAL312 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke 270 Kabupaten Blora tahun ini diawali dengan acara ziarah bersama ke makam Bupati terdahulu dan para leluhur, Rabu (4/12/2019). Ziarah dilaksanakan oleh Bupati Djoko Nugroho, bersama Wakil Bupati H. Arief Rohman, M.Si, jajaran Forkopimda, Sekda, Kepala OPD, Camat dan para Kalur/Kades.

Mulai pukul 07.00 WIB rombongan keluar dari komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati menuju Komplek Pemakaman Tirtonatan di Desa Ngadipurwo yang berjarak sekitar 10 kilometer ke arah utara. Di pemakaman ini terdapat makam para Bupati terdahulu sejak berdirinya Blora tahun 1749.

Rombongan disambut dengan barisan pagar betis para pelajar yang meminta jabat tangan dan foto bersama dengan Bupati, Wakil Bupati serta rombongan lainnya.

Usai dari Pemakaman Tirtonatan, rombongan bertolak ke Makam Sunan Pojok yang berada di Kelurahan Kauman (selatan Alun-alun Blora). Dilanjutkan ke Makam Alm. Bupati Ir. Basuki Widodo di TPU Putuk Tangsi, Kecamatan Cepu.

Sedangkan rombongan lainnya ada yang melakukan ziarah ke Makam Alm. Bupati Mr.Iskandar di Makam Keluarga (utara Gudang Banyu), dan Makam Mbah Janjang di Desa Janjang, Kecamatan Jiken.

Di masing-masing lokasi ziarah, rombongan melakukan doa bersama dengan membaca tahlil secara berjamaah, dan dilanjutkan tabur bunga. Acara berjalan dengan khidmat, terlebih karena Bupati, Wakil Bupati dan rombongan mengenakan pakaian jawa gaya Solo (beskap kworok tanpa keris).

“Alhamdulillah hari ini kita bisa melaksanakan ziarah bersama ke makam para Bupati terdahulu dan para leluhur sebagai awal kegiatan Hari Jadi ke 270 Kabupaten Blora. Ziarah sengaja kami lakukan di awal rangkaian kegiatan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada beliau beliau yang telah wafat. Semoga semuanya dalam keadaan husnul khotimah dan ditempatkan di surganya Allah SWT,” terang Bupati.

Usai melakukan ziarah, Bupati mengajak seluruh unsur pemerintahan dan masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan rangkaian Hari Jadi ke 270 Kabupaten Blora yang puncaknya akan digelar Kirab Budaya tepat tanggal 11 Desember 2019 (minggu depan).

Terpisah, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Blora, Drs. Sugiyanto, M.Si selaku seksi ziarah, menjelaskan bahwa kegiatan ziarah tidak hanya dilakukan di dalam daerah saja. Namun juga ada ziarah ke luar daerah, yakni ke makam Bupati terdahulu yang dimakamkan di luar kota.

“Kamis hingga Jumat (5-6/12/2019) besok akan dilakukan ziarah luar kota ke Semarang, Temanggung, Yogyakarta, dan Solo. Sedangkan tanggal 12 Desember akan ada ziarah ke Tuban (Jatim),” ucap Drs. Sugiyanto, M.Si. (Tim Liputan Humas Protokol Setda Blora)

Berita Terkait

Baca Juga