oleh

Gedung DPRD Solo Banjir Karangan Bunga, Jelang H-1 Pelantikan Gibran-Teguh

SOLO – INFODESANEWS, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa dijadwalkan dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo di Gedung DPRD Surakarta. Jumat (26/2/2021) pagi. Karena berlangsung di tengah pandemi, pelantikan nantinya dihadiri tamu undangan yang sangat terbatas. Total hanya 25 orang saja yang akan hadir.

Dari pantauan media ini, Kamis (25/2/2021) nampak belasan karangan bunga ucapan selamat dan doa untuk Gibran-Teguh berjejer di halaman DPRD Surakarta. Karangan bunga datang dari sejumlah institusi perkantoran, perusahaan, parpol politik dan lainnya. Karangan bunga dari parpol tersebut diantaranya datang dari parpol pendukung Gibran-Teguh Pilwakot Solo 2020, dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Solo.

Namun, ada hal unik yang terpampang dalam tulisan di karangan bunga. Meski menjabat sebagai wali kota, Gibran tetap mendapat panggilan Mas Gibran. Hal itu berbeda dengan Teguh Prakosa. Politisi senior PDI Perjuangan Kota Solo itu tetap mendapat ucapan ‘Selamat Pak Teguh’. “Selamat Bekerja dan Melayani Untuk Kotaku Solo Wali Kota Milenial,” salah satu tulisan dari karangan bunga yang dikirim.

Sebelumnya, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Solo, Wahyu Kristina, mengatakan pelantikan di Gedung DPRD itu untuk efektivitas. Seusai pelantikan Gibran dan Tegug langsung lanjut dengan serah terima jabatan dan rapat paripurna DPRD Solo dengan agenda pidato pertama wali kota. “Tadinya rencana pelantikan di Tawang Arum Balai Kota kemudian rapat paripurna pada 1 Maret di Gedung DPRD. Jadinya kan harus dua kali kegiatan, akhirnya provinsi mengarahkan pelaksanaan dirangkaikan menjadi satu,” katanya kepada wartawan, Selasa (23/2/2021).

Selain efektivitas, kursi di ruang paripurna DPRD Solo juga sudah ditata berjarak sehingga memenuhi protokol kesehatan. Wahyu Kristina mengatakan pelantikan akan berlangsung secara virtual. Sebagai persiapan, geladi bersih akan digelar di Gedung DPRD sehari sebelum acara. Geladi bersih itu bersamaan dengan 17 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menyelenggarakan Pilkada 2020 lalu. “Kami hanya menunggu giliran. Hanya bedanya Pak Gubernur berkenan menyaksikan di Solo,” imbuhnya.

Secara Virtual

Sementara itu Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, mengatakan rencananya Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dijadwalkan melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa secara virtual dari Semarang, Jumat (26/2). Sementara itu, Gibran-Teguh akan mengambil lokasi pelantikan di gedung DPRD Solo. “Kami menyiapkan kursi khusus tamu undangan untuk menampung keluarga besar dari wali kota dan wakil wali kota, saat pelantikan Jumat besok,” ujarnya, Kamis (25/2).

Budi mengatakan tamu undangan dari keluarga besar dari pihak wali kota diantaranya kedua orang tua dari Gibran, yakni Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi. Namun, apakah mereka datang atau tidak dari DPRD Solo tidak mengetahuinya. “Sudah sepantasnya kami mengundang keluarga besar wali kota dan wakil wali kota Solo. Soal datang atau tidak itu urusan pribadi masing-masing,” kata dia.

Ia menjelaskan total ada ada tujuh kursi untuk anggota keluarga yang hendak hadir dan mendampingi wali kota dan wakil wali kota. Untuk update terbaru, Gibran hanya datang didampingi istrinya, Selvi Ananda. “Soal siapa saja anggota keluarga yang akan hadir pelantikan tidak ada yang tahu. Saya dapat infonya dari beliau (Gibran) nanti hanya akan didampingi istri (Selvi) saja,” kata dia.

Ia menambahkan pelantikan secara virtual diperkirakan akan dihadiri 100 orang tamu undangan. Selain wali kota dan wakil wali kota yang akan dilantik, tamu undangan yang akan hadir seperti Plh Wali Kota, Ahyani, mantan wali kota dan wakil wali kota purna tugas, Forkopimda, KPU, Bawaslu, dan lainnya.  “Untuk acara rapat paripurna sertijab diikuti 45 anggota DPRD dengan menerapkan protokol kesehatan,” tutup dia.(*/her/ism)