FK BKK Kota Surakarta Gelar Workshop Rekrutmen Virtual di Era 4.0

PENDIDIKAN69 Dilihat

SOLO- INFODESANEWS, Dalam upaya membantu lembaga pendidikan mengantarkan peserta didik meraih masa depan yang lebih baik melalui bekerja, melanjutkan perguruan tinggi, atau berwirausaha di era 4.0, Forum Komunikasi Bursa Kerja Khusus Kota Surakarta (FK BKK) bekerjasama dengan APBKKs dan PT Cita Tekad Gemilang mengadakan kegiatan “Workshop Rekrutmen Virtual di Era 4.0” di Hotel Solia Zigna, Kamis (9/12).

Kegiatan tersebut juga menghadirkan Petugas Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK, LPK, BLK, SLB,  Perguruan Tinggi sejumlah 57 BKK serta Disnaker Solo, Bapppeda Solo, & Cabang Dinas Pendidikan Wil. VII Jateng. Workshop juga menghadirkan narasumber dan psikolog dari PT. Cita Tekad gemilang, Sandi Kartasasmita, M.Psi.

Peserta tengah serius mengikuti jalannya kegiatan Workshop (foto:her)

Menurut Ketua FK BKK kota Surakarta, Drs. Daroji, event kali ini bertujuan untuk menggali data kepribadian, intelegensi, karakter, gaya belajar, minat, bakat, potensi, peluang serta jenis potensi kerja lainya melalui kegiatan psikotest gratis siswa, mahasiswa dan calon lulusan yang akan mencari pekerjaan. “Keuntungnya sangat banyak bagi lembaga pendidikan, siswa atau mahasiswa  dan calon lulusan yang ingin langsung bekerja,” ujarnya.

Menurut Daroji, kegiatan ini juga sangat membantu pemerintah mengingat potensi pengangguran dari tahun ke tahun terus meningkat. Sehingga, potensi pengangguran dapat ditekan seminimal mungkin karena sejak dini calon lulusan sudah diarahkan oleh lembaga pendidikanya untuk bekerja, melanjutkan atau berwirausaha.

Sementara itu, Narasumber dan Psikolog dari PT. Cita Tekad gemilang, Sandi Kartasasmita, M.Psi. mengatakan pandemi Covid-19 belum juga menunjukkan tren penurunan di berbagai penjuru dunia. Selain merugikan secara finansial, pandemi pun menyebabkan pergeseran tren perekrutan bagi para pelaku bisnis. Akibatnya banyak perusahaan yang menyusun ulang strategi mereka untuk mendapatkan talenta baru, sementara yang lain terpaksa memutus hubungan kerja mereka yang mengakibatkan beberapa posisi hilang secara permanen karena dianggap tidak lagi relevan.

Narasumber & Psikolog, Sandi Kartasasmita, M.P.Si

“Satu hal yang dapat dipastikan, talenta yang berkualitas—memiliki bakat, kemampuan, dan pengalaman yang sesuai dengan tuntutan zaman—akan mendapatkan penawaran berkali lipat dari perusahaan dibanding sebelumnya. Mengapa? Karena talenta tersebut dinilai dapat meningkatkan profit perusahaan, yang diharapkan dapat membantu perusahaan bertahan selama pandemi hingga keadaan kembali stabil,” jelasnya.

Sandi mengatakan, Talenta-talenta berkualitas perlu direkrut dengan menjalankan talent engagement. Proses ini dilakukan dengan memperhatikan tiga hal, yaitu rencana kompensasi perusahaan, kultur perusahaan, dan nilai-nilai yang menjadi pedoman perusahaan. “Sudah banyak perusahaan yang menyadari bahwa persoalan mendasar dalam manajemen sumber daya manusia di perusahaan adalah mencari bibit unggul karyawan yang cocok dengan kompetensi organisasi,” ungkapnya.

Dengan mendapatkan bibit unggul karyawan, perusahaan akan lebih mudah untuk membangun pondasi SDM yang handal untuk menghadapi persaingan usaha kedepan. Banyak cara yang ditawarkan dalam mendapatkan karyawan, namun masih sedikit yang memahami proses mendapatkan SDM yang terbaik untuk masa depan perusahaan.

Perebutan terjadi ketika sebuah perguruan tinggi meluluskan sarjananya dan langsung dijemput ke kampus dengan berbagai tehnik seleksi untuk memudahkan calon karyawan menjalankan seleksi. Bahkan proses rekrutmen Online juga sudah menjadi trend bagi perusahaan – perusahaan yang ingin mempercepat mendapatkan calon karyawan dari pasar tenaga kerja yang ada. Akan tetapi kemudahan mendapatkan kandidat ternyata menyisakan persoalan pentingya itu bagaimana menyeleksi dari ribuan kandidat untuk mendapatkan yang terbaik bagi perusahaan.

Untuk menjawab tantangan dan persoalan itulah, Sandi  memperkenalkan sebuah solusi tepat bernama EKRUTES INDONESIA. Ekrutes adalah digital talent manajeman platform yang menggunakan psikotes online sebagai metode asesmen yang valid dan reliabel. Kenapa harus menggunakan Ekrutes?, Sandi mengemukakan bahwa dengan menjalankan aplikasi Ekrutes maka pengolahan data menjadi cepat, rekuitmen menjadi lebih cepat dan penilaian menjadi lebih akurat.  “Alat tes yang kami kembangkan adalah Intelegensi, gaya kerja, kepuasan hidup, self esteem, gaya belajar, IQ WMS, kepribadian maupun minat bakat,” paparnya. Dikatakan, ada 2 cara dalam melihat hasil tes aplikasi Ekrutes yaitu melalui profil masing-masing talent dan melalui detail sesi tes yang kita buat. (her/*)