Dwi Riyanto: Tahun Baru Islam Sarana Hijrah

INFODESA, KHAZANAH315 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Tahun Baru Islam atau disebut juga 1 Muharram 1445 H adalah peringatan penting bagi umat Muslim untuk memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

Tanggal 1 Muharram ini bagi masyarakat Jawa juga dikenal sebagai malam 1 Suro.

Mengacu pada situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Satu (1) Suro merupakan awal bulan pertama Tahun Baru Jawa. Dalam hal ini, malam 1 Suro berarti malam pertanda masuknya bulan Suro berdasarkan penanggalan Jawa.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama RI, juga disebutkan bahwa 1 Suro pada kalender Jawa bertepatan dengan 1 Muharram dalam kalender Hijriyah. Seperti bulan Muharram, bagi masyarakat Jawa, bulan Suro juga dianggap sebagai bulan sakral.

Hal tersebut disampaikan Ketua komisi I DPRD Lampung Selatan, dari Fraksi Gerindra Dwi Riyanto saat memperingati tahun Baru Islam 1445 H, yang diprakarsai oleh para Mahasiswa KKN Kelompok 251 Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
dipusatkan di Masjid Jamiatul Jannah Dusun Rejosari Desa Sinar Ogan Kecamatan Tanjung Bintang, Rabu, (19 /7/2023)

Turut hadir Kepala Desa Sarjono, Pembantu Petugas Pencatat Nikah (PPPN) Paryanto tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan para jamaah.

Ketua Komisi I DPRD Lampung Selatan yang berjuluk Konco Yasinan itu mengajak masyarakat menjadikan momentun peringatan tahun baru islam sebagai sarana hijrah. Dalam pengertian bukan berpindah alamat rumah,tetapi hijrah dari keburukan ke kebaikan.

Dalam kesempatan tersebut anggota DPRD Lampung Selatan yang berjulukan konco yasinan itu memberikan buku yang berjudul “Aktualisasi Islam Menjawab Problematika Umat” yang ditulisnya bersama teman-teman untuk perpustakaan TPA-TPA di wilayah desa.

Dikesempatan yang sama Dwi Riyanto juga memperkenalkan tim taktis konco yasinan yang siap membantu berbagai kegiatan masyarakat dan disiagakan untuk menjadi petugas kebencanaan.

Sementara itu Kepala Desa Sinar Ogan, Sarjono mengucapkan banyak terimakasih kepada para mahasiswa yang memprakarsai kagiatan tersebut.

“Saya atas nama pribadi dan seluruh masyarakat sangat berterimakasih dengan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan peringatan tahun Baru Islam ini terkhusus para mahasiswa. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini kami berharap bisa bahu membahu dan berbaur kepada masyarakat untuk berkegiatan yang positip.”pungkas Sarjono dalam sambutannya. (Red)